kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ingin tangan bebas kuman? Ikuti empat langkah mencuci tangan


Sabtu, 08 Februari 2020 / 10:04 WIB
Ingin tangan bebas kuman? Ikuti empat langkah mencuci tangan
ILUSTRASI. Sebanyak 2.000 siswa SD melakukan cuci tangan massal memperingati hari cuci tangan sedunia di Lapangan Dengung, Sleman, Yogyakarta, Jumat (15/10).

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sadarkah Anda, tangan adalah sarang kuman pembawa penyakit. Supaya terhindar dari penyakit, Anda harus rutin cuci tangan dengan cara yang benar.

Telapak tangan yang terlihat bersih belum tentu bebas kuman, lo. Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia, menjelaskan, tangan merupakan sarang kuman.

Lo kok bisa, dari mana datangnya kuman-kuman itu?

Sehari-hari tangan Anda memegang uang, ponsel, gagang pintu, meja, dan lainnya. Dari situlah kuman menempel ke tangan Anda. Asal tahu saja, barang-barang tersebut juga jadi rumah bagi kuman-kuman.

Baca Juga: Apakah Anda penderita ambeien? Ini makanan yang baik untuk Anda

Maka, Anda jangan mengusap hidung, mata, mulut, dan kulit wajah dengan telapak tangan. Khawatirnya, kuman-kuman yang ada di telapak tangan masuk ke dalam tubuh Anda.

Efeknya, Anda bisa terserang penyakit, seperti berjerawat, batuk, diare, hepatitis, tipes. Dokter Santi menyarankan, Anda sebaiknya rajin cuci tangan untuk menghindari risiko terkena penyakit tersebut.

Anda wajib cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan bersentuhan dengan orang sakit.  Namun, Anda jangan asal cuci tangan ya, khawatirnya kuman-kuman tersebut masih menempel di tangan.

Baca Juga: Tips menjaga kesehatan pencernaan selama puasa

ntuk membuat tangan steril dari kuman, Anda bisa ikuti empat langkah cuci tangan berikut:




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×