Ingin tahu cara mengecilkan pori-pori? Gunakan 6 bahan ini

Kamis, 19 Agustus 2021 | 08:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin tahu cara mengecilkan pori-pori? Gunakan 6 bahan ini

ILUSTRASI. Ada beragam cara mengecilkan pori-pori yang layak Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki pori-pori kulit yang terlalu besar berpengaruh pada penampilan karena kulit terlihat tidak terawat. Jika Anda mengalami masalah itu, ada beberapa cara mengecilkan pori-pori yang dapat Anda jadikan pilihan.

Biasanya, pori-pori terlihat besar karena produksi sebum dan minyak berlebih. Stres, gen, dan faktor lain bisa memperparah kondisi tersebut. Jika terus dibiarkan, muncul berbagai masalah kulit lain yang lebih serius. Misalnya, komedo, jerawat, dan lain sebagainya.

Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk menggunakan bahan-bahan alami ini secara rutin. Namun, jika hasil yang Anda inginkan tak kunjung terlihat, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter, ya.

Putih Telur, Oatmeal, Lemon

Melansir Stylecraze (stylecraze.com), putih telur, oatmeal, dan lemon berguna untuk mengecilkan ukuran pori-pori. Tak hanya itu, mengaplikasikan kombinasi bahan alami tersebut efektif mencerahkan warna kulit dan mengobati jerawat membandel.

Anda perlu mencampur satu putih telur dengan 2 sdm oatmeal dan 2 sdm air lemon terlebih dahulu. Aduk rata hingga berbentuk pasta kemudian oleskan di kulit wajah. Diamkan dulu selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Pakai bahan alami, inilah 5 cara menghilangkan komedo

Pepaya

Tahukah Anda bahwa pepaya bisa dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori? Kandungan dalam jenis buah itu mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga ukurannya pun mengecil.

Selain itu, pepaya juga bisa mencerahkan warna kulit Anda. Pertama, haluskan pepaya matang sesuai dengan kebutuhan. Aplikasikan pepaya tersebut pada kulit wajah selama 20 menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa menggunakan cara tersebut setiap dua hari sekali.

Lidah Buaya

Selain mengecilkan pori-pori, lidah buaya juga efektif melembabkan kulit wajah Anda, lo. Anda hanya perlu menggosokkan gel lidah buaya pada kulit secara perlahan. Diamkan selama minimal 10 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Jadi obat jerawat, ini 4 manfaat lidah buaya untuk wajah

Kulit Pisang

Salah satu cara mengecilkan pori-pori adalah memanfaatkan kulit pisang.

Stylecraze mengatakan bahwa kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori. Alasannya karena bahan alami itu mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat. Mulai dari antioksidan, kalium, dan lain sebagainya.

Caranya, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit wajah. Usahakan untuk tidak menggosoknya terlalu keras karena justru menimbulkan iritasi kulit. Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air.

Selanjutnya: Bahan mudah didapat, inilah 4 cara memutihkan wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru