kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai bahan alami, inilah 5 cara menghilangkan komedo


Kamis, 05 Agustus 2021 / 07:33 WIB
Pakai bahan alami, inilah 5 cara menghilangkan komedo
ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menghilangkan komedo yang bisa Anda jadikan pilihan. Alih-alih memakai produk yang dijual di pasaran, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tentu saja Anda perlu memakainya secara rutin supaya komedo lebih cepat hilang.

Komedo terbentuk dari pori-pori kulit yang tersumbat. Entah karena polusi, make up yang Anda pakai, atau faktor yang lain. Jika terus dibiarkan, komedo bisa menyebabkan masalah kulit lain yang lebih parah, misalnya jerawat.

Perlu diingat bahwa bahan-bahan alami ini hanya bersifat sementara, ya. Jika komedo tak kunjung hilang dan muncul masalah kulit yang lain, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Brown Sugar, Madu, Lemon

The Healthy (thehealthy.com) menyebutkan bahwa 1 sdm brown sugar, 1 sdm madu, dan 2 sdm lemon bisa mengeksfoliasi kulit sehingga kemunculan komedo berkurang. Setelah teraduk rata, gosokkan campuran itu pada kulit secara perlahan selama lima menit. Selanjutnya, bilas dengan air.

Baca Juga: Pakai 6 bahan ini sebagai cara mengecilkan pori-pori

Susu dan Madu

Selain dikombinasikan dengan brown sugar dan lemon, madu juga bisa Anda campur dengan susu sebagai cara menghilangkan komedo. Asam laktat dalam susu mampu membersihkan kotoran dan mengurangi minyak. Sedangkan madu mengandung antibakteri yang bisa menjaga kesehatan kulit.

Anda perlu mencampur 1 sdm susu dengan 1 sdm madu lalu hangatkan dulu dalam microwave selama 10 detik. Diamkan beberapa saat lalu aplikasikan pada area kulit yang berkomedo. Jangan lupa untuk menutupnya dengan cotton strip selama 15 menit lalu lepas cotton strip itu secara perlahan.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan komedo ini pakai bahan alami, lo

Putih Telur

Jika Anda mencari cara menghilangkan komedo, maka tak ada salahnya untuk mencoba putih telur. Caranya pun mudah. Pertama, kocok putih telur lalu aplikasikan pada area kulit yang berkomedo. Tutup dengan tisu lalu timpa lagi dengan putih telur. Diamkan selama 20 menit kemudian buka masker tersebut.

Minyak Kelapa dan Gula

Cara menghilangkan komedo bisa memakai minyak kelapa dan bahan alami yang lain.

Mengutip dari The Healthy, minyak kelapa dan gula bisa jadi eksfoliator alami. Cobalah untuk memakai minyak kelapa dan gula secara rutin. Dengan begitu, sel kulit mati dan jenis kotoran lain yang menyumbat pori-pori kulit dapat Anda bersihkan.

Selanjutnya: Bisa jadi cara membersihkan wajah, gunakan 6 bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×