Tips Sehat

Ingin punya berat badan ideal? Ini caranya

Kamis, 27 Agustus 2020 | 09:53 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ingin punya berat badan ideal? Ini caranya

ILUSTRASI. Rajin bersepeda bisa jadi cara menjaga berat badan ideal. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian orang melakukan diet untuk mendapat berat badan ideal. Setelah target berat badan yang diinginkan tercapai, tidak sedikit yang kembali melakukan kebiasaan lama. Akibatnya, berat badan pun kembali melonjak.

Untuk memiliki berat badan ideal dalam jangka waktu lama, dibutuhkan kedisiplinan untuk terus menerapkan pola hidup sehat. Kids Health (kidshealth.org) memberikan beberapa cara yang perlu terus dilakukan agar berat badan ideal tetap bisa Anda miliki.

Baca Juga: Ingin terhindar dari asam urat? Ikuti cara-cara berikut

Olahraga

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin bisa digunakan sebagai sarana membakar kalori dan pembentukan otot. Kedua hal itu yang membuat tubuh sehat dan berat badan ideal tetap terjaga.

Ada banyak aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan. Misalnya, membawa anjing peliharaan jalan-jalan, menggunakan sepeda saat pergi ke kantor, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori, Kids Health menyarankan agar Anda menambah intensitas olahraga. Anda juga bisa melakukan latihan beban agar otot Anda terbentuk dengan baik. Semakin banyak otot yang terbentuk, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Kurangi Waktu Menatap Layar

Kids Health mengatakan bahwa orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar memiliki kemungkinan obesitas lebih besar pula. Untuk mendapatkan berat badan ideal, Anda perlu membatasi waktu menatap layar.

Jauhi layar TV, layar handphone, dan layar laptop yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Gunakan waktu luang Anda untuk beristirahat, olahraga, atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Perhatikan Sumber Kalori Tambahan

Tidak hanya rajin olahraga, berat badan ideal bisa Anda dapat dengan memperhatikan asupan kalori berlebih. Anda perlu membatasi diri untuk mengonsumsi minuman manis, makanan ringan, atau sumber makanan lain yang mengandung kalori berlebih.

Baca Juga: 4 Cara menurunkan berat badan secara alami

Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Kids Health mengatakan bahwa buah dan sayur tak hanya mengandung vitamin dan mineral, tapi juga kaya serat. Banyak mengonsumsi serat membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga Anda tak mudah lapar.

Jangan Lewatkan Sarapan

Tidak melewatkan sarapan bisa jadi cara mendapatkan berat badan ideal. Sarapan memulai metabolisme tubuh, membakar kalori, dan memberi Anda energi untuk beraktivitas. Orang-orang yang melewatkan sarapan akan merasa sangat lapar sehingga makan berlebih di siang hari.

Jadi, mereka akan mendapat lebih banyak kalori daripada orang-orang yang sarapan. Kids Health mengatakan bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan memiliki BMI yang lebih tinggi daripada orang-orang yang sarapan.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru