Ingin Punya Berat Badan Ideal? Hindari Konsumsi 5 Buah Ini

Selasa, 19 April 2022 | 14:32 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ingin Punya Berat Badan Ideal? Hindari Konsumsi 5 Buah Ini

ILUSTRASI. Mangga bisa menaikkan berat badan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sedang berjuang untuk memiliki berat badan ideal? Hindari konsumsi 5 buah ini.   

Berat badan ideal tidak hanya membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik, tapi juga menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Baca Juga: 5 Buah Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah, Baik buat Penderita Diabetes

Untuk mendapatkan berat badan ideal, Anda wajib menjalankan gaya hidup sehat dan mengatur pola makan. 

Selain itu, Anda harus bersabar dan konsisten dalam menjalankan kedua hal tersebut. 

Untuk Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, sebaiknya memperbanyak konsumsi buah dan sayur. 

Alasannya, buah dan sayur mengandung serat yang baik untuk meningkatkan metabolisme dan menjaga sistem pencernaan. 

Asal tahu saja, sistem pencernaan yang baik kerab dihubungkan dengan penurunan berat badan. 

Melansir dari FOOD NDTV, terdapat beberapa jenis buah yang bisa meningkatkan berat badan. 

Anda pasti bertanya-tanya, apa sebabnya buah-buahan tersebut bisa menaikkan berat badan. 

Beberapa jenis buah memiliki nilai kalori yang tinggi dan kadar glukosa tinggi yang bisa menghambat penurunan berat badan tubuh. 

Berikut buah-buahan yang wajib Anda hindari bila ingin memiliki berat badan ideal: 

1. Alpukat 

Salah satu buah yang tinggi kalori adalah alpukat. Dalam 100 gram alpukat mengandung 160 kalori. 

Alpukat memang sumber lemak sehat, tapi buah ini bisa meningkatkan jumlah berat badan bila dikonsumsi secara berlebihan. 

2. Daging kelapa 

Air kelapa memang baik untuk kesehatan bahkan bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, hal ini tidak berlaku untuk daging kelapa. 

Daging kelapa memiliki nilai kalori yang tinggi dan kandungan karbohidrat tinggi. 

3. Buah kering 

Buah-buahan kering seperti plum, kismis, dan lainnya memiliki kalori yang tinggi karena tidak mengandung air. 

Sekedar info, secangkir kismis mengandug sekitar 500 kalori. Sedangkan satu cangkir plum kering mengandung 450 kalori. 

Anda sebaiknya memperhatikan takaran konsumsi buah kering bila sedang menjalankan diet. 

4. Pisang 

Pisang masuk dalam golongan buah tinggi kalori dan gula. Dalam satu buah pisang memiliki 150 kalori dan 37,5 gram karbohidrat. 

5. Mangga 

Mangga buah tropis yang rasanya manis. Sayangnya, Anda sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi mangga bila sedang menurunkan berat badan. Sebab, mangga memiliki kalori yang tinggi.  

Baca Juga: Minuman Segar Ini Bikin Asam Urat Minta Ampun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru