5 Buah Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah, Baik buat Penderita Diabetes

Selasa, 19 April 2022 | 13:50 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
5 Buah Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah, Baik buat Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Beberapa buah yang terbukti menurunkan gula darah, baik buat penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - Bagi penderita pradiabetes, diabetes, atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah, diet menjadi bagian utama dari menjaga kadar gula darah yang sehat. Beberapa buah terbukti bisa menurunkan gula darah.

Meski faktor-faktor, seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika, juga berperan dalam pemeliharaan gula darah, melakukan diet sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah. Pilihan bisa jatuh ke buah yang bisa menurunkan gula darah.

Sementara beberapa makanan bisa berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain bisa mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, apel dan jeruk.

Berikut sejumlah buah yang efektif bisa menurunkan gula darah, cocok buat penderita diabetes, melansir Healthline dan Medical News Today:

Baca Juga: Tanpa Obat, Begini 7 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

1. Alpukat

Selain lembut dan lezat, alpukat menawarkan manfaat yang signifikan untuk pengaturan gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, dan menambahkannya ke makanan telah terbukti mengontrol kadar gula darah.

Sejumlah penelitian menemukan, alpukat dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik, yang merupakan sekelompok kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

Namun, perlu diingat bahwa banyak penelitian yang telah menyelidiki efek asupan alpukat pada kadar gula darah didanai oleh Hass Avocado Board, yang bisa memengaruhi aspek penelitian.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi, Kenali Biar Makin Waspada Diabetes

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru