kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ingin menghilangkan kebiasaan merokok? coba ikuti cara ini


Selasa, 11 Juni 2019 / 23:55 WIB
Ingin menghilangkan kebiasaan merokok? coba ikuti cara ini

Berita Terkait

Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak perokok mengetahui bahaya dari kebiasaan buruknya itu. Namun, tak sedikit di antara mereka kesulitan untuk berhenti.

Tak dapat dipungkiri, perjalanan menuju sehat tanpa rokok dan asap rokok itu sungguh sulit, terlebih bagi orang yang hampir setiap hari merokok lebih dari dua batang.


Jika bersikeras untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini namun mengalami kesulitan, 7 makanan ini dapat membantu dengan rasa yang lebih enak dan pastinya sehat.

1. Kayu manis

Dalam beberapa penelitian di China, tongkat kayu manis digunakan untuk menggantikan rokok karena penggunaannya yang mirip.

Sebagai alternatif, kita juga dapat mengunyah sepotong kayu manis kecil untuk menghilangkan keinginan untuk merokok.

2. Delima

Walau cukup sulit untuk mengonsumsi delima karena bijinya yang kecil-kecil, namun buah delima memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Sebuah studi dalam International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease menyebutkan, mengonsumsi buah-buahan ini dapat membantu produksi sel darah merah, yang pada gilirannya membantu memerangi masalah kesehatan yang disebabkan oleh merokok, seperti detak jantung tidak teratur dan tekanan darah.

Ketika mengonsumsi buah merah ini, secara otomatis nikotin dikeluarkan dalam waktu 24 jam.

3. Bawang putih

Tambahkan bawang putih ke semua makanan, seperti salad, sup, dan kari. Cukup makan 4-5 siung bawang putih mentah setiap hari.

Menurut Scandinavian Journal of Gastroenterology, bawang putih memiliki sifat antitumor khusus yang sangat berguna bagi perokok.

Sementara rokok bekerja memproduksi karsinoma dalam tubuh, bawang putih yang dimakan akan melawan tumor.

4. Kiwi

Buah ajaib membantu menghilangkan nikotin dari tubuh, menurut hesil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Human Hypertension. Kiwi adalah sumber yang kaya vitamin A, C dan E.

5. Paprika

Paprika kaya akan antioksidan dan disarankan untuk pasien kanker sebagai bagian dari diet pemulihan mereka.

Hal ini juga dapat digunakan untuk detoksifikasi bagi para perokok.

Perlu diingat, jangan terlalu lama memasak paprika, usahakan masak dalam kondisi setengah matah atau sedikit mentah agar kandungan gizinya tidak hilang.

6. Jus wortel

Tak hanya menyehatkan mata, jus wortel juga akan mendetoksifikasi tubuh, menghilangkan semua racun dalam darah dan juga dari organ-organ.

Jus wortel kaya akan vitamin A, C, K, dan vitamin B yang akan memperbaiki dan menyembuhkan tubuh.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal nutrition and cancer menyebutkan bahwa jus wortel dapat membantu mengalkalisasi darah, dan memperkuat pertahanan alami tubuh jika dikonsumsi setiap pagi.

7. Jahe

Akar yang luar biasa ini dapat mengekang keinginan untuk merokok. Cukup haluskan sepotong jahe, tambahkan satu sendok teh gula dan konsumsilah segera. Ini akan membantu menahan nafsu makan untuk merokok.

Jahe juga dapat membersihkan lendir di paru-paru dan mengandung antioksidan yang dapat membuang racun yang merupakan hasil dari merokok.

Dari tujuh macam makanan tersebut, mana yang akan kalian dipilih untuk menghilangkan kebiasaan buruk merokok? (Willem Jonata)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 7 Bahan Alami Bantu Perokok Hentikan Kebiasaan Buruknya,

 



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×