Ingin jantung sehat? Begini cara alami meningkatkan kadar kolesterol baik

Minggu, 07 November 2021 | 13:50 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ingin jantung sehat? Begini cara alami meningkatkan kadar kolesterol baik


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol baik bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Begini cara alami untuk meningkatkan kolesterol baik. 

Kolesterol baik alias High-Density Lipoprotein (HDL) baik dan penting untuk kesehatan jantung. 

Baca Juga: Tanpa obat! Ini 6 jenis makanan yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi

Mengutip dari Kompas.com, nilai kolesterol HDL normal adalah 40 mg/dl sampai 60 mg/dl. 

Untuk menjaga kesehatan, Anda perlu menjaga kadar kolesterol HDL tetap normal. 

Berikut 5 cara alami untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh: 

1. Olahraga teratur 

Olahraga teratur menjadi cara terbaik untuk mengurangi berbagai risiko penyakit. 

Selain itu, olahraga teratur bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik serta mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Anda bisa memulai olahraga teratur dengan jalan cepat selama 30 menit. Bila bosan, Anda bisa mencoba jenis olahraga kardio lainnya. 

2. Berhenti merokok 

Merokok buruk bagi kesehatan. Asal tahu saja, merokok bisa mempengaruhi kadar kolesterol. 

Berhenti merokok bisa membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. 

3. Hindari konsumsi lemak jenuh dan lemak trans 

Untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubh, Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans. 

Anda bisa mengangganti makanan tersebut dengan makanan yang kaya asam lemak omega-3. 

4. Berat badan ideal 

Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan kolesterol jahat. 

Untuk meningkatkan kolesterol baik, Anda harus menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan diet sehat yang diiringi dengan olahraga. 

5. Konsumsi serat 

Makanan kaya serat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

Makanan tinggi serat bisa meningkatkan kesehatan dan membantu menurunkan berat badan. 

Anda bisa mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian secara rutin dalam porsi terukur. 

Baca Juga: Tidak ingin asam urat kumat dan semakin parah? Hindari makanan dan minuman ini

Selanjutnya: Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat teh daun salam untuk kesehatan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru