kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin Berat Badan Turun dan Lemak Perut Menyusut? 6 Teh Ini Solusinya


Rabu, 16 Maret 2022 / 18:45 WIB
Ingin Berat Badan Turun dan Lemak Perut Menyusut? 6 Teh Ini Solusinya


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Teh mengandung kafein yang bermanfaat mendukung menurunkan berat badan. Ini teh yang efektif menurunkan berat badan dan menyusutkan lemak perut. 

Anda sedang berjuang menurunkan berat badan?  

Baca Juga: Ini Cara Konsumsi Selada Air untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mencapai berat badan ideal atau sesuai keinginan tidaklah mudah/ Anda butuh niat, usaha, dan kesabaran untuk mencapai keinginan tersebut.  

Mengutip dari WebMD, teh bisa membantu menurunkan berat badan. Alasannya, teh mengandung falvonoid yang disebut dengan katekin.  

Katekin bisa meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh memecah lemak lebih cepat. 

Kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi, alhasil tubuh membakar lebih banyak kalori.  

Kedua senyawa ini sama-sama bermanfaat untuk menurunkan berat badan.  

Teh penurun berat badan  Ada beberapa jenis teh yang telah terbukti secara ilmiah efektif menurunkan berat badan yakni: 

1. Teh hijau  

Teh hijau, salah satu jenis teh paling terkenal dalam dunia kesehatan.  

Hasil penelitian tahun 2008 menunjukkan orang gemuk yang menjalankan diet standar dan minum teh hijau selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan sekitar 3,3 Kg.  

Penelitian lainnya menunjukkan orang yang mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan lingkar pinggang yang signifikan.  

Teh hijau ampuh menurunkan berat badan karena kaya akan katekin, antioksidan alami yang meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.  

2. Teh hitam  

Sebuah penelitian terhadap 111 orang menunjukkan bahwa minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang, dibandingkan minum-minuman kontrol yang sesuai dengan kafein.  

3. Teh oolong  

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh oolong bisa membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme.  

Dalam sebuah penelitian, 102 orang yang kelebihan berat badan atau obesitas minum teh oolong setiap hari selama enam minggu, yang mungkin telah membantu mengurangi berat badan dan lemak tubuh.  

5. Teh putih  

Teh putih memiliki rasa yang khas dibandingkan jenis teh lainnya.  

Sebuah penelitian menunjukkan teh putih dan teh hijau memiliki jumlah katekin yang sama besar dan bisa membantu menurunkan berat badan.  

Selanjutnya, satu penelitian tabung menunjukkan bahwa ekstrak teh putih meningkatkan pemecahan sel-sel lemak sekaligus mencegah pembentukan yang baru.  

Namun, perlu diingat bahwa ini adalah penelitian tabung, jadi tidak jelas bagaimana efek teh putih dapat diterapkan pada manusia. 

6. Teh biru 

Teh biru berasal bunga yang memiliki bentuk mirip kupu-kupu yakni bunga telang. 

Merangkum dari NDTV, Hasil penelitian menunjukkan konsumsi teh biru secara teratur meningkatkan metabolisme dan membakar kelebihan lemak. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh biru mencegah dan membantu melawan obesitas dan penyakit hati berlemak. 

Selain mengonsumsi salah satu teh di atas, Anda sebaiknya menjalankan gaya hidup sehat dan mengatur pola makan agar berat badan segara turun, selamat mencoba. 

Baca Juga: Kabar Gembira! Teh Hitam Efektif Menurunkan Gula Darah pada Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×