Kecantikan & Kebugaran

Ingin berat badan turun? Coba makan malam untuk diet ini

Senin, 04 Januari 2021 | 10:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin berat badan turun? Coba makan malam untuk diet ini

ILUSTRASI. Salad adalah salah satu makan malam untuk diet yang bisa Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan. Tidak hanya rajin olahraga, memerhatikan makanan yang dikonsumsi, apalagi saat malam hari, juga penting untuk dilakukan. Makan malam untuk diet perlu mengandung nutrisi supaya program diet berhasil dijalankan.

Melansir dari Eating Well (eatingwell.com), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama menjalankan program diet sehat. Pertama, jangan benar-benar menghindari makanan pencuci mulut yang terasa manis.

Saat tidak mengonsumsi makanan manis sama sekali, otak akan memproduksi molekul yang bernama CRF. Molekul tersebut juga dihasilkan saat Anda merasa stres, takut, dan cemas. Hasilnya, justru Anda bisa mengonsumsi lebih banyak makanan manis, junk food, atau makanan tak sehat lainnya.

Supaya hal tersebut tak terjadi, cobalah untuk mengonsumsi makanan untuk diet dengan rasa yang lezat, tapi tetap sehat. Anda bisa memilih makanan yang terbuat dari gandum utuh, mengandung lean protein, dan makanan yang terbuat dari sayur, buah, dan bahan alami lainnya.

Baca Juga: 5 Makanan berserat ini perlu Anda konsumsi secara rutin

Salad

Melansir Eating Well, salad mengandung kalori yang cukup sedikit sehingga bisa mengurangi asupan kalori Anda hingga 12%. Tak hanya itu, berbagai jenis sayur yang diolah menjadi salad mengandung banyak serat yang berguna untuk tubuh.

Saat mengonsumsi banyak serat, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga menurunkan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan lainnya. Cobalah untuk mengolah berbagai jenis sayur menjadi salad. Anda bisa menambahkan buah atau sumber makanan sehat lainnya untuk menambah cita rasa.

Gandum Utuh

Anda bisa mengonsumsi gandum sebagai makan malam untuk diet.

Makanan yang terbuat dari gandum utuh juga bisa jadi makan malam untuk diet Anda. Beberapa jenis makanan yang mengandung gandum utuh adalah quinoa dan nasi cokelat. Kemampuan gandum utuh untuk menurunkan berat badan berasal dari kandungan serat dan magnesium.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi gandum utuh mengalami pembakaran lemak perut yang lebih besar daripada mereka yang tidak makan gandum utuh. Hal itu terjadi karena magnesium mampu meningkatkan metabolisme lemak.

Baca Juga: Catat, diet rendah purin ini bisa jadi panduan makanan bagi penderita asam urat

Lean Protein

Lean protein atau protein tanpa lemak adalah jenis protein yang membuat Anda kenyang lebih lama. Artinya, keinginan untuk makan camilan atau mengonsumsi makanan berlebih pun berkurang. Beberapa sumber makanan yang mengandung lean protein adalah daging, ayam, ikan, tahu, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: 3 Program diet sehat, efektif menurunkan berat badan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru