Infeksi Virus Corona varian omicron ditandai dengan hal ini

Senin, 13 Desember 2021 | 12:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Infeksi Virus Corona varian omicron ditandai dengan hal ini

ILUSTRASI. Kelelahan parah adalah salah satu gejala infeksi Virus Corona varian omicron.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala Covid-19 yang biasa terjadi adalah kelelahan, demam, tubuh menggigil, batuk, mual, nyeri otot, dan lain sebagainya. Namun, apakah infeksi Virus Corona varian omicron masih menimbulkan gejala serupa?

Di beberapa kasus, pasien Covid-19 justru tidak mengalami gejala apa pun. Apalagi bagi Anda yang sudah mendapat suntikan vaksin. Maka dari itu, mengetahui kondisi apa saja yang tergolong dalam ciri-ciri infeksi Virus Corona perlu Anda lakukan.

Melansir Best Life (bestlifeonline.com), tidak ada pasien terinfeksi Virus Corona varian omicron yang mengalami penurunan fungsi indra penciuman dan pencecap. Hal itu disampaikan oleh Angelique Coetzee, salah satu dokter dari Afrika Selatan yang pernah merawat pasien Covid-19 varian tersebut.

Coetzee menyebutkan bahwa gejala yang dialami pasien cukup berbeda dan lebih ringan jika dibandingkan dengan pasien-pasien sebelumnya. Padahal, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa menurunnya fungsi indra penciuman dan pencecap adalah salah satu indikator penting infeksi Covid-19.

Baca Juga: Gejala-gejala varian Omicron, salah satunya keringatan saat malam hari

Alih-alih mengalami penurunan fungsi indra penciuman dan pencecap, pasien Covid-19 varian omicron lebih sering mengalami kondisi yang lain, yaitu mengalami kelelahan yang cukup parah. Mereka juga mengalami nyeri otot.

Mengutip Best Life, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efek Virus Corona varian omicron. Hal penting yang perlu Anda lakukan saat ini adalah terus menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Mampu menyebar lebih cepat, masyarakat harus mewaspadai varian omicron

Apabila tidak ada urusan yang benar-benar mendesak, usahakan untuk tidak berkumpul dengan banyak orang di tempat umum. Jika Anda terpaksa melakukannya, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain.

Memakai masker dan mencuci tangan pun tidak boleh Anda lupakan. Tidak berhenti sampai di situ, usahakan untuk segera mendapat suntikan vaksin dosis lengkap. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih terlindungi dari infeksi Covid-19.

Selanjutnya: Unilever Indonesia Rayakan 88 Tahun Komitmen dan Kolaborasi dalam Wujudkan Kebaikan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru