Penyakit Menular

Infeksi virus corona dipengaruhi golongan darah? Cek faktanya

Kamis, 15 Oktober 2020 | 15:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Infeksi virus corona dipengaruhi golongan darah? Cek faktanya

ILUSTRASI. Hasil penelitian menunjukkan, golongan darah berpengaruh pada parah atau tidaknya infeksi virus corona.

KONTAN.CO.ID - Masih banyak penelitian yang dilakukan para ahli terkait virus corona. Salah satu hasil penelitian menunjukkan, golongan darah manusia berpengaruh terhadap parah atau tidaknya penyakit Covid-19 yang diderita seseorang.

Mengutip dari Yahoo! News, hasil tersebut didapat dari dua penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Blood Advances milik American Society of Hematology. Penelitian pertama dilakukan di Denmark dengan 473.654 orang yang dites Covid-19 dari Februari hingga Juli.

Hasilnya, sebanyak 7.422 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Hasil penelitian memperlihatkan, golongan darah berpotensi jadi perbedaan kunci antara pasien positif dan orang-orang yang negatif Covid-19.

Dari penelitian itu, seseorang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih kecil terinfeksi virus corona. Namun, penelitian tersebut terbatas karena informasi golongan darah yang tersedia hanya 62% dari total orang-orang yang dites.

Baca Juga: Gejala baru tak biasa pasien corona, mulai konjungtivitis hingga ruam kaki

Hal tersebut menunjukkan, bukan berarti seseorang yang memiliki golongan darah O tak bisa terinfeksi virus corona. Hanya saja, kemungkinan terinfeksi virus tersebut lebih kecil dibandingkan dengan pemilik golongan darah yang lain.

Dr. Roy Silverstein, mantan Presiden American Society of Hematology, mengatakan, hasil penelitian tersebut tidak membuat perbedaan perawatan pasien Covid-19. Sebab, risiko pasien Covid-19 yang bergolongan darah O tak jauh berbeda dengan pasien dengan golongan darah lain.

Penelitian lainnya yang dilakukan di Vancouver menunjukkan hasil serupa. Data 95 pasien terinfeksi virus corona dari Februari hingga April diteliti. Peneliti menemukan perbedaan golongan darah berpengaruh terhadap Covid-19.

Pasien Covid-19 bergolongan darah A atau Ab membutuhkan ventilasi mekanis dan ICU lebih lama dibanding pasien Covid-19 bergolongan darah O atau B. Melansir dari Yahoo! News, pasien dengan golongan darah A dan B juga membutuhkan dialisis agar jantung tak bekerja terlalu keras.

Baca Juga: Awas! Infeksi ulang Covid-19 meningkat, ancam kekebalan pada virus

Karena masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut oleh para ahli, setiap orang dengan golongan darah apa pun tetap perlu melakukan protokol kesehatan yang ketat. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Jika terpaksa melakukan aktivitas bersama banyak orang, jangan lupa untuk menjaga jarak dan menggunakan masker yang benar. Menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau memakai hand sanitizer, juga penting untuk dilakukan.

Selanjutnya: Inilah cara mencegah corona saat makan di restoran menurut CDC

Editor: Belladina Biananda


Terbaru