Tips Sehat

Inilah cara mencegah corona saat makan di restoran menurut CDC

Kamis, 15 Oktober 2020 | 08:49 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Inilah cara mencegah corona saat makan di restoran menurut CDC

ILUSTRASI. Inilah cara mencegah corona saat makan di restoran menurut CDC. TRIBUNNEWS/HERUDIN

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mulai Senin (12/10/2020), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. PSBB transisi memperbolehkan pembukaan aktivitas bisnis, sosial, dan pariwisata seperti nonton bioskop, rekreasi hingga makan di restoran dan cafe.

Bersamaan dengan pembukaan aktivitas bisnis, sosial dan pariwisata, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona dengan 3M. Protokol kesehatan itu meliputi mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Apakah 3M cukup? Menurut Pusat kesehatan penyakit menular di Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) setiap kegiatan masyarakat di masing-masing tempat memiliki protokol kesehatan yang berbeda untuk mencegah penyebaran virus corona.

Berikut panduan CDC untuk mencegah penyebaran virus corona saat  Anda ingin makan di cafe atau restoran.

Baca juga: Tiga gejala Covid-19 terbaru, dari ruam, anosmia, & neurologis

Protokol kesehatan pencegahan corona saat makan di restoran

  • Sebelum berangkat ke restoran / rumah makan, cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik atau gunakan hand sanitizer. Setelah sampai tujuan, cuci tangan kembali seperti sebelumnya.
  • Jangan lupa membawa alat makan / minum sendiri, seperti sendok, garpu, dan sumpit. Akan lebih baik pula jika kamu membawa botol minum sendiri.
  • Selama di restoran, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Lalu tutupi batuk dan bersin dengan tisu atau siku bagian dalam. Buang tisu ke tempat sampah dan segera cuci tangan dengan sabun serta air atau pakai hand sanitizer.
  • Pilih restoran yang sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan corona. Tanyakan ke manajer restoran / customer servis untuk memperjelas protokol kesehatan yang sudah diterapkan di rumah makan tersebut.
  • Selama di restoran, kamu harus terapkan jaga jarak 1-2 meter dari orang lain yang tidak satu rumah. Hindari berkumpul atau berkelompok. Kamu lebih baik menjauhi antrian atau kerumunan orang.
  • Hindari menyentuh barang-barang yang biasa dipegang banyak orang, seperti gagang pintu, tombol lift dll.
  • Pilih tempat duduk yang berada di ruangan terbuka jika ada. Kalau tidak ada, pilih tempat duduk yang dekat jendela sehingga dekat dengan sirkulasi udara.
  • Selalu gunakan masker saat menunggu. Saat makan, kamu boleh membuka masker, tapi setelah selesai dipakai kembali.
  • Gunakan uang elektronik atau dompet digital untuk transaksi pembayaran, karena uang bisa jadi sarana penyebaran virus corona.

Yang perlu dicatat, di tengah pandemi virus corona ini, beraktivitas di dalam rumah merupakan pilihan terbaik untuk mencegah penularan Covid-19. Meski pemerintah sudah memperbolehkan aktivitas di restoran, makan di rumah lebih aman dari penyebaran virus corona.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru