Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

IMST, latihan lima menit yang mampu menajamkan fungsi otak

Sabtu, 13 April 2019 / 08:45 WIB

IMST, latihan lima menit yang mampu menajamkan fungsi otak


Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semua orang tahu, olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan otak. Namun kini, riset baru dari University of Colorado menyingkap manfaat lain dari olahraga. Disebutkan, rutinitas olahraga, meski lima menit, dapat mempertajam otak.

Uniknya, rutinitas olahraga yang dimaksud tak melibatkan terlalu banyak gerakan tubuh seperti olahraga umumnya. Latihan ini dijuluki Inspiratory Muscle Strength Training (IMST).


IMST adalah latihan yang melibatkan otot-otot yang pernafasan. Aktivitas fisik ini diklaim memiliki manfaat besar bagi kesehatan mental. "IMST pada dasarnya adalah latihan kekuatan untuk otot-otot yang terlibat saat kita menarik napas," kata Daniel Craighead, selaku pemimpin riset.

Menurut dia, latihan ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan dengan cepat di rumah, atau kantor, tanpa harus berganti pakaian. "Latihan ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kinerja kognitif dan fisik," tambah dia.

Latihan IMST melibatkan pernapasan yang kuat melalui perangkat genggam, untuk melatih otot pernapasan yang dapat mendukung resistensi tubuh. Tahun 80-an, latihan ini diterapkan pada pasien kanker paru-paru dengan rejimen resistensi rendah selama 30 menit. Langkah ini demi meningkatkan atau mempertahankan kapasitas paru-paru mereka.

Namun pada tahun 2016, peneliti University of Arizona membuktikan, melakukan latihan ini hanya dengan 30 inhalasi per hari atau sekitar 5 menit, dengan resistensi yang lebih besar, cukup untuk membuat perbedaan. Inilah yang menjadi dasar dalam penelitian terbaru tersebut.

Mengingat hanya 5% orang dewasa yang melakukan latihan aerobik minimal 30 menit per hari sehingga, mengembangkan latihan alternatif yang bisa dilakukan hanya lima menit, sudah cukup efektif dan bermanfaat. “Tujuan kami adalah mengembangkan intervensi berbasis bukti yang efisien dalam hal waktu."

"Selain itu, dapat dilakukan oleh orang dewasa paruh baya yang tak memiliki banyak waktu,” kata Seals, salah satu peneliti lainnya.  

Pada pertengahan uji coba, peserta yang melakukan IMST mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan. Mereka juga mengalami peningkatan fungsi arteri yang besar.

Namun, mereka yang menggunakan alat pernapasan tiruan memiliki resistensi yang lebih rendah dan tidak mengalami perubahan. Kabar baiknya lagi, latihan ini juga dapat meningkatkan fungsi otak dan membantu meningkatkan daya ingat.

Ini terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan, peserta yang melakukan latihan IMST memiliki kinerja yang lebih baik pada tes kognitif dan memori tertentu. Namun, peneliti menyarankan mereka yang ingin mencobanya untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mempraktikan latihan ini.

Meski penelitian ini masih dalam tahap awal, peneliti yakin ada potensi aplikasi IMST yang meluas di kemudian hari. (Ariska Puspita Anggraini)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "IMST", Latihan 5 Menit yang Mampu Tajamkan Fungsi Otak.

 


Sumber : Kompas.com
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan

TERBARU
Rumah Pemilu
Rumah Pemilu
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0798 || diagnostic_web = 0.4607

Close [X]
×