kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hipertensi Picu Pembuluh Darah Kerja Keras, 8 Minuman Ini Bisa Rontokkan Darah Tinggi


Jumat, 12 Mei 2023 / 09:15 WIB
Hipertensi Picu Pembuluh Darah Kerja Keras, 8 Minuman Ini Bisa Rontokkan Darah Tinggi
ILUSTRASI. Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, beberapa jenis minuman juga dapat membantu.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Ketika tekanan darah tidak terkendali, hal itu dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Salah satu garis pertahanan pertama Anda melawan tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah dengan mengatur pola makan Anda. Mengadopsi diet ramah tekanan darah dapat membantu menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran yang sehat tanpa efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan.

Apa itu tekanan darah tinggi?

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kekuatan darah yang mendorong dinding arteri Anda terlalu tinggi.

Ini dapat menyebabkan jantung dan pembuluh darah Anda bekerja lebih keras, yang dapat merusak otot jantung Anda seiring waktu. Selain itu, hipertensi dapat menyebabkan robekan kecil di dinding arteri Anda, yang menyebabkan penumpukan plak lemak.

Tekanan darah tinggi biasanya berkembang seiring waktu dan bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurang aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan tertentu, termasuk diabetes dan obesitas.

Baca Juga: LDL Bisa Merusak Arteri, 4 Olahraga Ini Bisa Melumpuhkan Kolesterol Jahat

Penting untuk mengobati tekanan darah tinggi, karena dapat meningkatkan risiko banyak kondisi lain, termasuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Perawatan untuk tekanan darah tinggi umumnya melibatkan kombinasi obat-obatan, yang digunakan untuk mengendurkan atau memperlebar pembuluh darah Anda, bersamaan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup.

8 Minuman untuk meredakan tekanan  darah tinggi

Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, beberapa jenis minuman juga dapat membantu.

Mengutip Healthline dan NDTV, berikut enam minuman yang bisa membuat tekanan darah tinggi jinak lagi:

1. Jus bit

Sayuran berwarna dan rendah kalori ini tidak hanya mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan, tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Studi percontohan acak dari 2016 menemukan bahwa jus bit mentah dan matang meningkatkan tekanan darah. Tapi jus bit mentah berdampak lebih besar pada tekanan darah.

Bit kaya akan diet nitrat, senyawa yang diketahui memiliki efek penurun tekanan darah. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi Alami, Waspadai Ciri-Ciri Darah Tinggi Parah




TERBARU

[X]
×