kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,57   -7,97   -0.88%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Darah Tinggi Alami, Waspadai Ciri-Ciri Darah Tinggi Parah


Jumat, 12 Mei 2023 / 07:01 WIB
Cara Menurunkan Darah Tinggi Alami, Waspadai Ciri-Ciri Darah Tinggi Parah
ILUSTRASI. Cara Menurunkan Darah Tinggi Alami, Waspadai Ciri-Ciri Darah Tinggi Parah


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami tanpa obat. Kenali juga ciri-ciri darah tinggi parah.

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami tanpa obat bisa menjadi pengobatan alternatif mengatasi hipertensi. Namun, cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami ini bukan untuk menggantikan obat dokter.

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami ini adalah alternatif untuk mendukung pengobatan dokter. Oleh karena itu, sebelum menjalankan cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami ini, Anda harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami tanpa obat?

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, ada 9 cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami. Berikut cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami tersebut:

Baca Juga: Jus Buah Ini Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang pertama adalah menjaga berat badan ideal. Berat badan berlebih dapat menyebabkan tekanan lebih pada arteri yang mengakibatkan tekanan darah meningkat.

Menjaga berat badan ideal tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi dan menghindari penyakit metabolik lainnya, tetapi juga menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Mengurangi Konsumsi Natrium

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang kedua adalah mengurangi konsumsi natrium. Natrium adalah kandungan yang banyak terdapat dalam garam, baik itu pada garam makanan, camilan, minuman ringan, maupun makanan kaleng. Konsumsi garam yang berlebih dapat memicu peningkatan natrium (sodium) di dalam tubuh, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab hipertensi.

Maka dari itu, penderita hipertensi selalu dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam. Kadar sodium untuk orang dewasa yang dianjurkan adalah sebanyak 1.500-2.000 mg per harinya setara dengan 6 gram garam atau 1 sendok teh garam per hari.

 3. Olahraga dengan Rutin

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang ketiga adalah rutin berolahraga. Melakukan olahraga secara rutin dan konsisten selama 30 menit per hari dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah sebanyak 5-8 mmHg. Beberapa contoh olahraga yang dapat Anda jalani adalah jogging, jalan kaki, senam, berenang, dan bersepeda.

 4. Memperbanyak Asupan Kalium

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang keempat adalah memperbanyak asupan kalium. Meningkatkan konsumsi kalium dapat membantu pembuluh darah melawan kerusakan yang dipicu oleh natrium. Hal ini karena semakin banyak kalium yang dimakan, maka akan semakin banyak natrium dan juga air yang dapat dikeluarkan tubuh sehingga tekanan darah menjadi berkurang.

Seseorang yang rutin mengonsumsi makanan kaya kalium akan cenderung memiliki tekanan darah normal. Beberapa makanan yang mengandung kalium adalah susu sapi, bayam, pisang, kacang polong, dan kentang panggang.

5. Mengurangi Asupan Kafein

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang kelima adalah mengurangi asupan kafein. Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein (paling sering terdapat dalam kopi) maka Anda harus berhati-hati. Mengapa? Karena bagi orang yang jarang mengonsumsinya, kafein berpotensi meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg.  Tetapi, jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi kafein, misalnya minum kopi setiap pagi, maka tidak akan ada efek yang signifikan pada tekanan darah Anda.

6. Menjaga Pola Makan Sehat

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang keenam adalah menjaga pola makan sehat. Kenaikan tekanan darah secara drastis biasanya juga dipicu oleh kesalahan dalam memilih makanan. Salah satu cara menurunkan darah tinggi adalah dengan memulai pola makan sehat berupa DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), seperti mengonsumsi buah, sayur, susu rendah lemak, dan biji-bijian utuh.

Adapun beberapa buah penurun darah tinggi adalah buah yang mengandung kalium seperti jeruk, pisang, dan anggur. Rekomendasi mengonsumsi kalium yang perlu dicukupi sebagai cara menurunkan darah tinggi adalah sebanyak 4500-4700 mg per hari.

7. Menghentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang ketujuh adalah berhenti merokok dan minum alkohol. Merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan merupakan dua kebiasan yang dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi. Orang yang sering merokok dan minum alkohol diketahui memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi hipertensi, seperti stroke dan penyakit jantung.

Jadi, bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan sering kambuh, ada baiknya untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

8. Mengelola Stres

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang kedelapan adalah mengelola stres. Tahukah Anda bahwa stres yang berkepanjangan rupanya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi pada seseorang? Ketika Anda sedang banyak pikiran dan mengalami peningkatan tekanan darah, maka hal yang perlu dilakukan adalah berusaha tenang sebagai cara menangani stres. Lakukan juga hal-hal lain yang dapat mengalihkan Anda dari rasa cemas seperti meditasi, yoga, menonton film, atau kegiatan lain yang Anda sukai.

 Ciri-ciri darah tinggi parah

Dilansir dari Kompas.com, hipertensi atau penyakit darah tinggi acapakli dijuluki “silent killer” karena minim Ciri-ciri dan kerap tiba-tiba merenggut nyawa pengidapnya. Hampir satu per tiga penderita darah tinggi tidak merasakan Ciri-ciri tekanan darahnya naik.

Mereka baru menyadari masalah kesehatan ini ketika kondisinya sudah parah atau tekanan darah sangat tinggi. Walhasil, pengobatan darah tinggi susah dilakukan dan pasien harus minum obat setiap hari sepanjang hidupnya.

Menurut Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, tekanan darah normal yakni ketika hasil pengukuran tensinya antara 120/80 mmHg sampai 129/89 mmHg. Orang disebut memiliki tekanan darah tinggi apabila hasil pengukuran tensinya 140/90 mmHg atau lebih.

Apabila hasil cek tensi dengan alat tensimeter menunjukkan angka 180/120 mmHg atau lebih, seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi parah. Oleh karena itu, sebelum memiliki tekanan darah tinggi parah, kenali Ciri-ciri yang bisa terjadi.

Baca juga: Cara diet yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan selama masa pandemi

Ciri-ciri darah tinggi parah

Berikut ciri-ciri darah tinggi parah yang perlu diwaspadai dan bahayanya yang pantang disepelekan. Melansir WebMD, ada beberapa ciri-ciri darah tinggi sudah parah yang pantang disepelekan, antara lain:

  • Sakit kepala parah
  • Mimisan
  • Kelelahan padahal tidak banyak beraktivitas
  • Mengalami kebingungan
  • Gangguan penglihatan seperti pandangan kabur
  • Sakit dada
  • Susah bernapas
  • Detak jantung tidak teratur
  • Ada darah dalam urine
  • Dada, leher, atau telinga berdebar
  • Berkeringat
  • Susah tidur
  • Wajah memerah
  • Muncul bintik darah di mata

Jika Anda merasakan Ciri-ciri darah tinggi parah di atas, segera konsultasikan ke dokter dan bawa penderita ke rumah sakit. Kondisi tersebut bisa jadi tanda krisis hipertensi yang bisa berdampak fatal apabila tidak segera ditangani.

Bahaya darah tinggi parah yang perlu diwaspadai

Melansir NHS, tekanan darah tinggi parah bisa menekan pembuluh darah, jantung, otak, ginjal, sampai mata. Apabila tidak segera diberikan bantuan medis yang tepat, penderita darah tinggi parah bisa mengalami:

  • Penyakit jantung
  • Serangan jantung
  • Gagal jantung
  • Penyakit arteri perifer
  • Aneurisma aorta
  • Penyakit ginjal
  • Stroke

Itulah cara menurunkan darah tinggi secara alami dan cepat serta ciri-ciri darah tinggi parah. Jangan biarkan tekanan darah tinggi terjadi pada Anda.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×