Kesehatan Umum

Hindari makanan penyebab liver ini biar tetap sehat

Selasa, 22 September 2020 | 12:17 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Hindari makanan penyebab liver ini biar tetap sehat

ILUSTRASI. Minuman beralkohol jadi salah satu makanan penyebab liver yang perlu Anda hindari.

KONTAN.CO.ID - Liver memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh, yakni menghasilkan empedu dan menyaring zat racun. Untuk menjaga kesehatannya, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi.

Selain itu, Anda perlu menghindari makanan penyebab liver. Dengan begitu, Anda bisa menjaga kesehatan liver yang punya peran penting dalam kesehatan tubuh.

Makanan penyebab liver

Makanan penyebab liver pertama yang perlu Anda hindari adalah alkohol. Saat menyaring zat racun, zat kimia dari alkohol mampu membuat liver meradang sehingga merusak sel-sel liver.

Hal itu membuat penyerapan nutrisi tak berjalan maksimal. Jika konsumsi alkohol terus Anda lakukan, liver justru akan menjadi beracun sehingga membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Sembuhkan diabetes dengan memperbaiki fungsi liver

Selain alkohol, makanan berlemak juga tak baik untuk kesehatan liver. Tak hanya mengiritasi liver, mengutip Manipal Hospital, makanan berlemak juga meningkatkan jumlah kolesterol yang tak baik untuk tubuh.

Karena itu, sebaiknya batasi konsumsi kentang goreng, burger, atau junk food lainnya.

Makanan asin dan makanan manis jadi makanan lain yang sebaiknya tak Anda konsumsi terlalu banyak. Makanan asin mengandung banyak sodium yang bisa mengganggu fungsi lever.

Sedangkan makanan manis akan diubah liver menjadi lemak. Liver yang memiliki banyak lemak akan menimbulkan penyakit.

Baca Juga: Inilah ragam penyakit hepatitis

Makanan untuk penyakit liver

Anda bisa mengganti makanan penyebab liver dengan makanan sehat lain, seperti sayuran hijau.

Selain menghindari makanan penyebab liver, Anda perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut untuk meningkatkan kesehatan liver: 

Pertama, Anda bisa mengonsumsi banyak sayuran hijau. Bayam atau kubis dapat membantu liver mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh.

Kedua, Anda bisa mengonsumsi kopi. Melansir Manipal Hospital, mengonsumsi cukup kopi secara rutin bisa mencegah pembentukan lemak di liver dan mengurangi resiko kanker liver.

Selain itu, katekin dalam teh hijau juga bisa melakukan fungsi yang sama seperti kopi.

Ketiga, telur jadi makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan liver. Asam amino dan kolin dalam telur mampu membantu proses detoksifikasi dalam liver dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selanjutnya: Penyebab dan gejala penyakit liver yang perlu Anda tahu

Editor: Belladina Biananda


Terbaru