kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hidung Tidak Bisa Mencium Bau? Simak 6 Penyebab Anosmia Ini


Minggu, 06 Maret 2022 / 10:00 WIB
Hidung Tidak Bisa Mencium Bau? Simak 6 Penyebab Anosmia Ini


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Anosmia adalah masalah indera penciuman atau hidung yang tidak bisa mencium bau dan aroma apapun. Penyebab anosmia banyak faktor.

Hidung adalah salah satu indera yang berfungsi untuk mencium bau atau berbagai aroma. Oleh karena itu, hilangnya indera penciuman akan sangat mengganggu sekali. 

Di tengah pandemi, sebagian orang kerap mengaitkan hidung tidak bisa mencium sesuatu dengan gejala Covid-19. Padahal, ternyata terdapat faktor-faktor lain bisa membuat indera penciuman hilang. 

Biasanya, saat hidung tidak bisa mencium sesuatu, itu hanya bersifat sementara. Kendati demikian, hal tersebut tidak boleh diabaikan. 

Anosmia atau hidung tidak bisa mencium bau bisa diatasi oleh banyak cara. Mulai dari minum obat dari dokter atau mengonsumsi obat-obatan alami. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi Baik Untuk Kesehatan

Melansir dari Health Grades, penyebab hidung tidak bisa mencium tidak selalu karena gejala Covid-19. Berikut penyebab yang mungkin Anda alami: 

1. Efek samping obat

Jika hidung Anda tidak bisa mencium bau atau aroma apapun, kemungkinan akibat efek samping obat. Pasalnya, terdapat beberapa obat yang bisa menurunkan indera penciuman, salah satunya antibiotik. 

2. Merokok 

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa merokok juga bisa membuat hidung tidak bisa mencium bau. Selain tidak baik bagi paru-paru, rokok juga mengandung zat yang bisa mengganggu indera penciuman. 

3. Terapi radiasi 

Penyebab hidung tidak bisa mencium bau lainnya karena terapi radiasi. Segeralah berkonsultasi kepada dokter agar indera penciuman kembali seperti biasa setelah terapi radiasi. 

Baca Juga: 9 Manfaat Melon Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4. Cedera kepala

Perlu diketahui bahwa cedera kepala bisa menyebabkan hidung tidak bisa mencium aroma apapun. Biasanya tingkat parahnya cedera bisa membuat hidung semakin tidak bisa mencium apapun dalam jangka waktu yang lama, begitupun sebaliknya. 

5. Tanda penuaan 

Hidung tidak bisa mencium bau juga merupakan salah satu tanda penuaan. Biasanya orang lansia cenderung mengalami hal ini. 

6. Genetik 

Ternyata, hidung tak bisa mencium bau atau anosmia juga bisa disebabkan oleh genetik. Meski demikian, hal tersebut belum tentu berpengaruh kepada indera-indera lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×