kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi Baik Untuk Kesehatan


Kamis, 03 Maret 2022 / 12:27 WIB
5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi Baik Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Telur adalah salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung zat besi dapat mencegah timbulnya penyakit, salah satunya anemia atau kekurangan darah.

Zat besi adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Pasalnya, mempunyai fungsi yang penting di antaranya pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah, mengangkut oksigen ke paru-paru dan masih banyak lagi. 

Maka dari itu, jika asupan makanan yang mengandung zat besi kurang, tubuh akan terasa cepat lelah, pusing, sudah konsentrasi dan bahkan bisa menyebabkan pingsan. 

Baca Juga: 9 Manfaat Melon Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Melansir dari Everyday Health, ada beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi dan cocok untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan tubuh. Makanan tersebut di antaranya: 

1. Telur 

Telur adalah salah satu makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Anda bisa menjadikan mengolah telur menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi. 

Selain itu ada beberapa protein hewani lain selain telur yang mengandung banyak zat besi, contohnya seperti ikan. 

2. Tiram 

Makanan yang mengandung zat besi tinggi selanjutnya yaitu tiram. Salah satu jenis kerang-kerangan ini mempunyai kadar zat besi yang tinggi dan cocok untuk dikonsumsi karena mempunyai lemak dan kalori yang rendah sehingga baik untuk kesehatan.

3. Bayam 

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang mempunyai kadar zat besi tinggi loh. Selain itu bayam juga mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan juga, seperti kaya akan protein, vitamin A, vitamin R, kalsium dan mempunyai banyak serat. 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Laki-Laki, Bisa Anda Coba

4. Sereal 

Rekomendasi makanan yang mengandung zat besi tinggi selanjutnya adalah sereal. Sereal juga mempunyai banyak serat dan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi. 

Meski demikian, carilah sereal yang tidak mengandung pemanis buatan atau tambahan ya.

5. Edamame 

Edamame adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak zat besi yang baik pula untuk kesehatan. Edamame juga mempunyai banyak serat sehingga cocok untuk dijadikan makanan diet. 

Demikian beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi dan mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×