kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,72   2,08   0.22%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati konsumsi kopi plus granola, kalorinya lebih tinggi dari nasi


Rabu, 10 April 2019 / 22:20 WIB
Hati-hati konsumsi kopi plus granola, kalorinya lebih tinggi dari nasi


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Menikmati kopi dan granola bar saat lelah setelah seharian bekerja pasti terasa menyenangkan. Sayangnya, kombinasi granola dan minuman berkafein ini bisa mengganggu kondisi kesehatan.

Pakar nutrisi Graeme Tomlinson mengatakan, banyak orang berpikir menyeruput kopi dan lalu menyantap granola tidak akan berefek pada tubuh. Selama ini, granola diklaim sebagai camilan sehat karena terbuat dari kacang-kacangan dan oat yang dicampur dengan pemanis seperti madu atau gula merah.

Sehingga, banyak orang cenderung berpikir kalori dalam kopi dan camilan manis ini tidak lebih tinggi ketimbang kalori dalam sepiring nasi. Namun, Tomlinson memberi pendapat sebaliknya.

Dia menyebut, anggapan bahwa kopi dan granola bar memiliki kandungan kalori yang kecil, perlu diwaspadai. "Banyak orang mengabaikan pertimbangan penghitungan nilai kalori dari sumber energi, dan menyebut praktik semacam ini hanya sebagai hal obsesif," ucap dia.

Menurut Tomlinson, setiap orang harus menghubungkan energi yang dikonsumsi dengan tujuan gizi mereka, karena apa yang dipahami selama ini tidak selalu benar. Tomlinson mengingatkan tentang pentingnya informasi nutrisi yang akan konsumsi jika ingin memiliki tubuh ideal.

Tomlinson mengatakan, dorongan untuk menghargai informasi nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sangat membantu untuk mencapai tujuan kesehatan. "Mengonsumsi kopi dan granola mungkin tak cocok bagi mereka yang ingin memiliki tubuh ideal," ucapnya.

Menurut Tomlinson, secangkir kopi saja telah mengandung 318 kalori, yang merupakan setengah dari jumlah total kalori dalam nasi. Sementara, granola bar mengandung sekitar 434 kalori. Jadi, jika dibandingkan dengan nasi, tentu jumlah kalori kopi dan granola menjadi lebih tinggi.

Memang, para ahli merekomendasikan kopi sebagai pengganti makanan untuk meningkatkan energi dan daya tahan. Namun, hal terpenting adalah memperhatikan asupan nutrisi dalam makanan agar benar-benar memiliki pola makan seimbang demi kesehatan tubuh. (Ariska Puspita Anggraini)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspadai, Kalori Kopi "Plus" Granola Lebih Tinggi dari Nasi", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×