Hati-hati! Gejala long covid ini dialami 50% pasien, lo

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! Gejala long covid ini dialami 50% pasien, lo

ILUSTRASI. Kelelahan kronis dan sulit berkonsentrasi termasuk gejala long covid.

KONTAN.CO.ID - Meski sudah dinyatakan sembuh, ada beberapa gejala Covid-19 yang masih bisa terus Anda alami. Kondisi itu biasa disebut dengan istilah long covid.

Tentu saja, kondisi itu perlu Anda waspadai supaya langkah perawatan yang tepat dapat Anda lakukan.

Kelelahan kronis adalah salah satu gejala long covid yang dialami oleh lebih dari 50% pasien terinfeksi virus corona. Kelelahan yang dirasakan pasien tak hanya seperti mengantuk.

Lebih dari itu, pasien juga merasa kelelahan meski aktivitas yang dilakukan tak terlalu berat.

Baca Juga: Gejala Covid-19 yang menandakan long covid, apa saja?

Melansir Eatthis.com, ciri-ciri long covid lain yang dialami lebih dari 50% pasien Covid-19 adalah myalgia. Myalgia adalah kondisi di mana beberapa bagian tubuh, seperti punggung, perut, dan dada terasa sakit.

Jika terus dibiarkan, migrain atau jenis sakit kepala lain dapat Anda alami.

Tidak berhenti sampai di situ, berat badan pasien juga berkurang banyak. Ketika terinfeksi virus corona, nafsu makan pasien menurun.

Sebenarnya, hal itu merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun, hilangnya nafsu makan dalam jangka waktu lama berpengaruh pada berat badan yang semakin turun.

Baca Juga: Anda perlu waspada, ini gejala Covid-19 yang menandakan long covid

Eatthis.com menambahkan, demam dan kesulitan berkonsentrasi adalah gejala long covid lain yang sering dialami oleh banyak orang. Tentu saja, hal itu bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Maka dari itu, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Selain itu, jangan lupa untuk segera mendapat suntikan vaksin Covid-19, ya. Usahakan pula untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Vaksin hanya mengurangi efek infeksi Virus Corona, bukan membuat tubuh Anda kebal dari jenis virus itu.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, proteksi tubuh Anda dari Covid-19 semakin tinggi. Pastikan untuk menjalankan protokol kesehatan dengan benar, ya.

Mulai dari memakai masker yang sesuai standar kesehatan, menjaga jarak, hingga mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

Selanjutnya: Dysautonomia, gejala long covid yang perlu Anda waspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru