Dysautonomia, gejala long covid yang perlu Anda waspadai

Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dysautonomia, gejala long covid yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Dysautonomia adalah salah satu gejala long covid yang bisa Anda alami.

KONTAN.CO.ID - Long covid adalah gejala Covid-19 yang masih Anda alami meski sudah dinyatakan sembuh dari penyakit itu. Tentu saja, kondisi tubuh Anda tak bisa sehat dengan maksimal seperti sebelum terinfeksi virus corona.

Akibatnya, Anda bisa mengalami kesulitan untuk menjalani aktivitas.

Melansir Eatthis.com, dysautonomia adalah salah satu gejala long covid yang bisa terjadi. Dysautonomia adalah kondisi di mana Anda merasa pusing karena pengaturan suhu tubuh Anda tak bisa berfungsi secara normal.

Sampai saat ini, belum bisa dipastikan sampai kapan dysautonomia dialami oleh penyintas Covid-19. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak gejala long covid lain yang sebaiknya tidak Anda abaikan:

Brain fog

Brain fog adalah istilah yang merujuk pada ketidakmampuan Anda untuk berkonsentrasi. Supaya tidak bertambah parah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Mulai dari memperbanyak waktu istirahat, mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, hingga menghindari alkohol.

Baca Juga: Inilah urutan gejala Covid-19 yang bisa Anda alami

Gangguan tidur

Gejala long covid berikutnya yang bisa Anda alami adalah gangguan tidur. Jika terus dibiarkan, gangguan tidur bisa mengganggu kualitas dan kuantitas waktu istirahat di malam hari. Akibatnya, semakin banyak penyakit yang dapat muncul.

Sesak napas

Sesak nafas termasuk gejala long covid.

Sesak napas jadi ciri-ciri virus corona lainnya yang dapat Anda alami.

Eatthis.com menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter saat sesak napas terus Anda alami meski kegiatan yang Anda lakukan tidak berat. Bisa jadi, kondisi itu muncul akibat masalah kesehatan yang lain.

Baca Juga: Anda perlu waspada, ini gejala Covid-19 yang menandakan long covid

Nyeri otot

Nyeri otot bisa jadi gejala long covid.

Apakah Anda sering mengalami nyeri otot setelah terinfeksi virus corona? Apabila kondisi itu tak hilang dalam jangka waktu lama, nyeri otot bisa termasuk dalam gejala long covid.

Membiarkan nyeri otot akibat Covid-19 dapat menyulitkan Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Dari kondisi tersebut, adakah gejala long covid yang Anda alami? Jangan ragu untuk meminta bantuan dokter, ya. Dikhawatirkan, membiarkan gejala long covid justru memperparah kondisi kesehatan Anda.

Selain itu, pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Jika terpaksa ke luar rumah, selalu jaga jarak dengan orang lain.

Tak lupa, membersihkan tangan memakain sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, dan menggunakan masker yang benar serta sesuai dengan standar kesehatan.

Selanjutnya: Jangan samakan dengan dewasa, ini pemakaian masker untuk anak-anak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru