Hati-hati, diabetes bisa semakin parah karena Covid-19

Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati, diabetes bisa semakin parah karena Covid-19

ILUSTRASI. Efek Covid-19 adalah memperburuk diabetes yang Anda alami. Kontan/Alri kemas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak dampak buruk yang bisa Anda alami ketika terinfeksi Covid-19. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, misalnya diabetes. Serangan Virus Corona dapat meningkatkan jumlah gula darah dalam tubuh yang mana memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Meski tidak dialami oleh semua penderita diabetes, hiperglikemia tetap bisa terjadi. Hiperglikemia memicu berbagai macam inflamasi dalam tubuh. Selain itu, sistem imun tubuh pun menurun. Nah, hasil penelitian menunjukkan bahwa Virus Corona dapat meningkatkan risiko hiperglikemia.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), Virus Corona yang masuk ke tubuh mengganggu sel lemak yang memproduksi adiponectin. Adiponectin adalah hormon yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Ini 6 penyebab hidung tak bisa mencium bau, apa saja?

Dari 3845 pasien yang dilibatkan dalam penelitian, 49.7% pasien mengalami hiperglikemia. Kondisi itu semakin parah saat pasien Covid-19 dirawat di rumah sakit. Dibandingkan dengan pasien yang memiliki jumlah gula darah normal, pasien hiperglikemia memiliki risiko gangguan paru-paru sembilan kali lebih besar.

Melansir E Times, pasien dengan hiperglikemia juga membutuhkan bantuan ventilator lima belas kali lebih besar dan tiga kali lebih berisiko mengalami kematian. Selain infeksi Covid-19, ada faktor lain yang bisa meningkatkan risiko hiperglikemia, yaitu obesitas.

Baca Juga: Cara mudah menurunkan kolesterol secara alami tanpa konsumsi obat-obatan

Supaya efek Covid-19 yang parah tak Anda alami, cobalah untuk segera mendapat suntikan vaksin Covid-19. Jika Anda masih merasa ragu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Apabila kondisi tubuh Anda memungkinkan, vaksin Covid-19 bisa memberikan perlindungan ekstra.

Jangan lupa pula untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, ya. Jika berada di tempat umum, usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, gunakan masker yang pas, nyaman, dan sesuai standa kesehatan, serta mencuci tangan. Anda juga bisa memakai hand sanitizer.

Selanjutnya: Dialami 50% pasien, gejala long covid ini patut Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru