kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati dengan 4 gejala asam lambung ini, yuk


Sabtu, 30 Januari 2021 / 13:20 WIB
Hati-hati dengan 4 gejala asam lambung ini, yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Ada banyak gejala asam lambung yang bisa Anda alami. tentu saja tiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda tergantung dari kondisinya. Namun, salah satu gejala yang cukup sering terjadi adalah heartburn.

Heartburn adalah sensai terbakar yang muncul di area perut, dada, hingga tenggorokan karena jumlah asam lambung yang banyak dalam tubuh. Ada banyak faktor yang memengaruhi jumlah asam lambung.

Mulai dari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, hingga langsung tidur setelah makan. Jika terus terjadi, Anda bisa mengalami GERD. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai gejala-gejala yang muncul di tubuh Anda.

Heartburn

Sebenarnya, heartburn adalah hal yang biasa terjadi. Namun, hal tersebut bisa jadi tanda bahaya jika Anda terlalu sering mengalaminya, yaitu lebih dari dua kali dalam seminggu. Jika Anda mengalami hal itu, tak ada salahnya untuk segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Ini makanan untuk penderita asam lambung terbaik yang bisa Anda pilih

Mual

Mengutip dari India Today (indiatoday.in), banyaknya jumlah asam lambung bisa memicu mual. Tak hanya itu, muncul pula rasa asam di mulut Anda. Kondisi tersebut biasa terjadi di pagi hari karena jeda makan malam dan sarapan yang cukup panjang.

Batuk Kering dan Suara Serak

Batuk kering termasuk dalam salah satu gejala asam lambung.

Batuk kering dan suara serak termasuk dalam gejala asam lambung selanjutnya yang perlu Anda waspadai. Selain menyebabkan heartburn, asam lambung yang naik ke tenggorokan juga dapat mengganggu kotak suara sehingga suara menjadi serak.

Tak hanya itu, sensasi panas yang Anda rasakan juga dapat menyebabkan Anda mengalami batuk kering. Kondisi itu bisa semakin parah di malam hari sehigga mengganggu waktu istirahat Anda. Supaya kondisi kesehatan bagian tubuh Anda yang lain tak terganggu, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Daftar makanan yang tepat untuk penderita asam lambung

Nyeri Dada

India Today mengatakan nyeri yang terasa di perut hingga dada bisa jadi gejala asam lambung. Meski demikian, tak semua nyeri dada menandakan jumlah asam lambung yang terlalu banyak. Bisa saja kondisi itu Anda alami karena alasan yang lain.

Misalnya, ada gangguan pada jantung, paru-paru, atau organ lainnya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, segera konsultasi ke dokter. Apalagi jika nyeri dada sering terjadi dan dalam jangka waktu yang lama.

Selanjutnya: Asam lambung sering kambuh? Mentimun efektif mengobati asam lambung Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×