Hati-Hati! Benjolan di Belakang Telinga Bisa Karena 5 Hal Ini

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-Hati! Benjolan di Belakang Telinga Bisa Karena 5 Hal Ini

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya benjolan di belakang telinga.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda merasa adanya benjolan di belakang telinga? Kondisi itu bisa terjadi karena banyak hal. Dengan mengetahui penyebabnya, diharap Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan langkah perawatan seperti apa yang Anda butuhkan.

Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di belakang telinga Anda. Masalah kulit itu dimulai dengan pori-pori kulit yang tersumbat. Setelah terkontaminasi dengan sel kulit mati dan bakteri, masalah tersebut berubah menjadi jerawat.

Meski jerawat adalah masalah kulit yang sering terjadi, Anda tidak boleh mengabaikannya dan harus merawatnya dengan benar. Jika tidak, jerawat dan berbagai jenis benjolan lain bisa mengganggu kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Kista

Selain beberapa faktor di atas, benjolan juga bisa disebabkan oleh kista. Kista adalah kantung berisi cairan yang terbentuk di sekitar area kulit. Namun, kemunculan kista tak menetap di satu tempat dan bisa berpindah-pindah. Maka dari itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Radang Tenggorokan Supaya Anda Cepat Sembuh

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian sistem imun yang berada di banyak bagian tubuh, termasuk belakang telinga. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), benjolan di belakang telinga terjadi saat benda asing menyerang kelenjar getah bening.

Sama seperti jerawat, pembengkakan kelenjar getah bening adalah hal yang wajar. Namun, saat pembengkakan terus berlangsung lebih dari dua minggu dan kondisinya semakin parah, segera periksakan diri ke dokter.

Infeksi

Salah satu penyebab benjolan di belakang telinga adalah infeksi.

Infeksi bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tak terkecuali bagian belakang telinga. Benjolan terbentuk karena penumpukan sel darah putih yang berusaha untuk melawan infeksi tersebut. Selain benjolan, infeksi dapat pula menimbulkan gejala yang lain.

Mulai dari terbentuknya kotoran telinga yang lebih banyak dari batas normal, sakit kepala, demam tinggi, hingga kehilangan pendengaran. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Kenali Gejala Awal Munculnya Kanker Payudara Sejak Dini

Abses

Salah satu tanda sistem imun tubuh sedang melawan infeksi adalah munculnya abses atau benjolan berisi nanah. Nah, abses bisa muncul di bagian belakang telinga. Supaya infeksi tak bertambah parah, cobalah untuk mengonsultasikannya ke dokter.

Lipoma

Medical News Today menyebutkan bahwa lipoma faktor lain yang menyebabkan benjolan di belakang telinga. Kondisi tersebut tidak berbahaya, tidak menyebar, dan tidak bersifat kanker. Benjolan juga tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali jika terbentuk di sekitar saraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru