Hati-Hati! 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Sariawan, lo

Rabu, 12 Januari 2022 | 14:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-Hati! 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Sariawan, lo

ILUSTRASI. Ada beberapa makanan yang bisa jadi penyebab sariawan.

KONTAN.CO.ID - Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan. Penyebab sariawan yang terjadi pun beragam, seperti stres atau bagian dalam mulut yang terluka.

Selain itu, mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu ternyata juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sama.

Meski tidak berbahaya, sariawan dapat mengganggu aktivitas yang sedang Anda jalani. Anda bisa mengalami kesulitan berbicara, mengunyah, atau menelan makanan.

Supaya kondisi itu tak sering terjadi, ada baiknya untuk memerhatikan makanan apa yang sering Anda konsumsi.

Beberapa jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko munculnya sariawan. Namun, jika Anda sudah menghindari makanan-makanan ini, tapi sariawan masih muncul, cobalah untuk konsultasi dengan dokter.

Makanan bertekstur keras

Makanan penyebab sariawan lainnya adalah makanan dengan tekstur yang keras. Contohnya, sayur mentah, kentang, dan roti panggang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkombinasikan makanan itu dengan bahan lain yang melembutkan. Misalnya, butter dengan roti panggang.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Pakai Bahan Alami

Produk olahan susu

Susu dan produk olahan lain, seperti yogurt atau keju, berpotensi memunculkan sariawan dalam mulut Anda. Menurut Valley Ridge Dental Centre, hal itu bisa terjadi karena reaksi tubuh.

Jika sariawan terus Anda alami, ada baiknya untuk menghentikan konsumsi susu, apalagi susu sapi. Anda bisa menggantinya dengan susu yang terbuat dari bahan lain, misalnya susu almond atau susu kedelai.

Kopi dan alkohol

Salah satu penyebab sariawan adalah minuman beralkohol.

Faktor lain yang dapat menyebabkan sariawan adalah konsumsi kopi dan alkohol berlebih. Hal itu terjadi akibat zat asam yang terkandung dalam dua jenis minuman itu.

Untuk menghindari munculnya sariawan, Anda perlu mengurangi jumlah kopi atau alkohol yang Anda konsumsi.

Makanan berminyak

Makanan berminyak bisa memicu kemunculan sariawan, apalagi jika Anda mengonsumsi jenis makanan itu dalam keadaan panas.

Makanya, supaya sariawan bisa sembuh lebih cepat, tak ada salahnya untuk menghindari gorengan atau jenis makanan berminyak lain untuk sementara waktu.

Baca Juga: 5 Bahan ini cocok Anda jadikan obat herbal sakit gigi

Makanan pedas

Makanan penyebab sariawan berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah makanan dengan rasa yang pedas. Sama seperti kopi dan alkohol, makanan pedas mengandung zat asam tinggi yang mampu melukai dinding dalam mulut Anda.

Tak hanya dapat menimbulkan sariawan, makanan pedas yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan, lo. Biasanya, makanan pedas mengandung banyak garam yang berpengaruh pada tekanan darah dan kesehatan jantung Anda.

Cokelat

Sariawan juga bisa muncul karena Anda mengonsumsi cokelat, lo. Mengutip dari Valle Ridge Dental Centre, mulut cukup sensitif dengan salah satu jenis alkaloid yang ada dalam cokelat. Jadi, tubuh bereaksi dengan munculnya sariawan.

Selanjutnya: Frank Vogel dan Carmelo Anthony Buat LeBron James sebagai Kunci Kesuksesan Lakers

Editor: Belladina Biananda
Terbaru