5 Bahan ini cocok Anda jadikan obat herbal sakit gigi

Selasa, 07 Desember 2021 | 14:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan ini cocok Anda jadikan obat herbal sakit gigi

ILUSTRASI. Air garam dapat Anda pakai sebagai obat herbal sakit gigi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memanfaatkan obat herbal sakit gigi merupakan salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri. Anda tidak perlu terlalu bingung karena ada banyak bahan alami di sekitar Anda yang bisa Anda pakai.

Gigi Anda bisa terasa sakit karena berbagai macam hal, contohnya pembusukan gigi. Lapisan pelindung gigi bisa terus terkikis karena kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Maka dari itu, usahakan untuk menyikat gigi minimal sebanyak dua kali dalam sehari.

Bahan-bahan alami berikut ini bisa mengatasi rasa sakit ringan dan bersifat sementara. Untuk benar-benar menyembuhkan sakit gigi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, penyebab utamanya bisa diselesaikan.

Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi yang digunakan oleh banyak orang. Garam mampu melawan asam laktat yang terbentuk akibat infeksi bakteri. Anda hanya perlu berkumur dengan air garam sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Cari obat sariawan anak? Gunakan 5 bahan alami ini

Bawang Putih

Bahan alami pertama yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan sakit gigi adalah bawang putih. Mengutip dari Dabur (dabur.com), bawang putih mengandung antibiotik sehingga efektif meredakan rasa sakit.

Pertama, hancurkan beberapa siung bawang putih sampai halus. Selanjutnya, beri sedikit garam dan lada lalu aduk hingga rata. Aplikasikan campuran yang sudah berbentuk pasta itu pada area gigi yang sakit. Anda bisa mengulanginya secara rutin supaya rasa sakit bisa hilang dengan lebih cepat.

Bawang Merah

Salah satu obat herbal sakit gigi adalah bawang merah.

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Dabur sebagai obat herbal sakit gigi adalah bawang merah. Antiseptik dan antibakteri yang terkandung dalam bawang merah efektif melawan infeksi kuman dan meredakan rasa sakit.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Letakkan irisan bawang merah pada area gigi yang sakit lalu tekan dengan gigi yang lain. Diamkan dulu selama minimal 10 menit lalu kumur dengan air. Anda bisa melakukan cara tersebut satu kali dalam sehari.

Baca Juga: Ada benjolan di belakang telinga Anda? Ini 5 penyebabnya

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa Anda gunakan sebagai obat herbal sakit gigi.

Supaya sakit gigi bisa segera teratasi, cobalah untuk memakai daun jambu biji. Selain mengandung antiinflamasi, daun jambu biji juga mengandung antimikroba yang efektif mencegah infeksi di bagian gigi dan gusi.

Timun

Timun juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal sakit gigi, lo. Kandungan dalam timun mampu menghambat aliran darah menuju area gigi sehingga rasa sakit pun berkurang. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa mencampur timun dengan lemon.

Caranya, campur beberapa tetes air lemon pada 1 sdm timun yang sudah diparut. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada gigi yang sakit selama 10 menit. Kemudian, berkumurlah dengan air dingin. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukannya secara rutin.

Selanjutnya: Suka yang simpel? Berikut harga sepeda Polygon ZETA 2 terbaru update Desember 2021

Editor: Belladina Biananda
Terbaru