Hati-hati, 5 penyebab mata merah ini bisa Anda alami

Senin, 12 Juli 2021 | 13:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati, 5 penyebab mata merah ini bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada banyak faktor penyebab mata merah yang perlu Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - Anda bisa mengalami berbagai macam penyebab mata merah. Tentu saja, hal itu perlu Anda waspadai. Tujuannya, agar mata merah tak sering Anda alami sehingga kondisi kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

Biasanya, mata merah jadi tanda alergi. Kondisi itu dibarengi dengan masalah kesehatan yang lain, seperti bersin, sesak napas, dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak faktor lain yang dapat memicu mata merah?

Saat mengalami mata merah, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosa kondisi Anda.

Biasanya, perawatan yang diberikan dokter akan disesuaikan dengan penyebab-penyebab mata merah berikut:

Terluka

Kecelakaan atau bagian mata yang baru saja terbentur dapat menimbulkan mata merah. Mengutip dari Better Vision Guide, pembuluh darah di bagian mata akan melebar agar aliran darah menuju indra penglihatan semakin banyak.

Bersin atau batuk yang terlalu kuat jika bisa mengakibatkan pembuluh darah dibagian mata terluka hingga akhirnya pecah. Hal itulah yang membuat mata merah. Untuk mendapat perawatan yang sesuai, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Waspada! Ini Akibat Penggunaan Gawai Terlalu Lama Terhadap Mata

Mata Kering

Mata kering atau dry eye adalah penyebab mata merah lainnya yang dapat Anda alami. Kondisi itu terjadi saat air mata tak cukup melumasi mata. Akibatnya, mata menjadi iritasi dan berwarna merah.

Mata kering bisa diatasi dengan obat tetes mata, tapi pastikan untuk menggunakannya sesuai dengan saran dokter, ya.

Merokok

Merokok termasuk salah satu penyebab mata merah.

Tahukah Anda bahwa merokok termasuk salah satu penyebab mata merah? Asap rokok dapat mengiritasi mata dan meningkatkan risiko katarak serta degenerasi makula.

Tidak berhenti sampai di situ, kebiasaan merokok juga dapat merusak organ-organ dalam tubuh sehingga tak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Mudah untuk dicoba, ini 4 cara mengatasi mata merah

Flu

Better Vision Guide menyebutkan, flu jadi faktor lain yang memicu mata merah. Saat terserang flu, biasanya frekuensi bersin dan batuk meningkat.

Nah, hal itulah yang membuat Anda mengalami mata merah. Jangan tunda jadwal periksa ke dokter supaya Anda bisa mendapat obat lebih cepat.

Kurang tidur

Mata merah juga bisa terjadi saat Anda kurang tidur, lo. Kondisi itu akan semakin marah saat Anda menggosok mata terlalu sering.

Supaya mata merah bisa hilang, tentu saja Anda perlu tidur sesuai dengan kebutuhan waktu istirahat Anda. Biasanya, setiap orang perlu tidur selama sekitar 8 jam per malam.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan mata bengkak, bisa pakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru