kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan mata bengkak, bisa pakai bahan alami


Jumat, 09 Juli 2021 / 08:38 WIB
4 Cara menghilangkan mata bengkak, bisa pakai bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata bengkak bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa atau anak-anak. Untuk mengatasi masalah itu, tentu saja ada banyak cara menghilangkan mata bengkak yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menggunakan bahan alami atau perawatan medis.

Ada banyak penyebab mata bengkak yang bisa Anda alami, misalnya suatu penyakit tertentu. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter agar mata bengkak dan penyakit yang Anda alami dapat tertatasi dengan baik.

Selain penyakit, alergi, terluka, dan terlalu banyak menangis juga bisa jadi penyebab mata bengkak. Nah, beberapa faktor itu bisa Anda obati sendiri di rumah. Namun, beberapa cara ini hanya bersifat sementara, ya. Jika mata bengkak tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter.

Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Mengutip All About Vision (allaboutvision.com), mengonsumsi terlalu banyak gula menyebabkan pembengkakan di tubuh, tak terkecuali bagian mata. Supaya mata bengkak bisa sembuh lebih cepat, Anda perlu membatasi konsumsi gula.

Selain itu, penting pula untuk menghindari tubuh dehidrasi. Beberapa minuman yang bisa membuat tubuh mudah dehidrasi adalah alkohol atau minuman yang mengandung kafein. jangan lupa pula untuk minum minimal delapan gelas air putih per hari, ya.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan mata panda pakai bahan alami

Gunakan Kantung Teh

Cara menghilangkan mata bengkak selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai kantung teh. Senyawa dalam kantung teh, misalnya teh hijau, berperan sebagai antiinflamasi yang mana efektif meredakan peradangan.

Anda perlu merebus kantung teh dulu lalu masukkan ke kulkas selama sekitar 20 menit atau sampai dingin. Setelah itu, gunakan kantung teh di atas mata selama 30 menit. Cobalah untuk melakukannya secara rutin supaya mata bengkak bisa sembuh dengan lebih cepat.

Jangan Gunakan Kosmetik

Tidak memakai kosmetik saat mata bengkak jadi salah satu cara cepat agar kondisi itu bisa teratasi dengan baik. Menggunakan kosmetik, apalagi di bagian mata, bisa memperparah inflamasi dan iritasi. Selain itu, memerhatikan komposisi kosmetik atau produk perawatan kulit yang Anda pakai juga bisa Anda coba.

Baca Juga: Waspada, 5 penyebab mata merah ini bisa Anda alami

Pakai Kompres Dingin

Salah satu cara menghilangkan mata bengkak bisa Anda lakukan dengan kompres dingin.

Cara menghilangkan mata bengkak berikutnya yang direkomendasikan All About Vision adalah dengan memakai kompres dingin. Selain meredakan inflamasi, menggunakan kompres dingin juga bisa mengurangi iritasi.

Pertama, masukkan es batu dalam kantung plastik lalu balut dengan handuk bersih. Letakkan kompres itu di atas mata selama 20 hingga 30 menit. Selain menggunakan es batu, memakai sendok dingin atau mentimun juga bisa Anda jadikan pilihan.

Selanjutnya: Pakai Bahan Alami, Ini 4 Cara Menghilangkan Mata Panda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×