Hati-Hati! 5 Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai

Rabu, 11 Mei 2022 | 14:46 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Hati-Hati! 5 Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai

ILUSTRASI. Kelelahan ekstrem adalah salah satu gejala anemia yang perlu diwaspadai.


KONTAN.CO.ID - Anemia adalah gangguan kesehatan di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Biasanya, hal tersebut menimbulkan gejala anemia yang tak banyak disadari. 

Mengetahui gejala merupakan salah satu hal penting, agar dapat sesegera mungkin mengatasi anemia yang Anda alami. 

Umumnya, anemia atau kekurangan darah disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi.

Selain dapat mencegah anemia atau kekurangan darah, mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi juga baik untuk kesehatan khususnya sel darah merah yang berperan untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Mei 2022, Cek!

Melansir dari ETimes, berikut beberapa gejala anemia yang perlu diwaspadai:

Sesak napas 

Anemia atau kekurangan darah dapat menyebabkan sesak napas yang cukup membahayakan. Gejala anemia ini relatif mudah diidentifikasi, sehingga Anda bisa segera melakukan penanganan sesegera mungkin. 

Jantung berdebar 

Gejala anemia yang umumnya terjadi selanjutnya adalah jantung berdebar. Hal ini tidak boleh dianggap sepele. Pada kondisi tersebut jantung bekerja lebih cepat dari biasanya karena harus mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Biasanya jantung berdebar adalah gejala anemia yang dialami jika tidak segera melakukan pengobatan. Sehingga, kondisi darah relatif rendah. 

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Penderita Diabetes Wajib Coba Ini

Kelelahan ekstrem 

Kelelahan ekstrem juga menjadi salah satu tanda dan gejala anemia atau kekurangan darah yang perlu Anda waspadai. Biasanya, tubuh akan terasa lebih lelah meski melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat. 

Kaki terasa dingin 

Anda juga perlu berwaspada jika mengalami kaki dingin dalam waktu berkepanjangan. Soalnya, aliran oksigen terhambat yang disebabkan oleh kekurangan darah atau anemia. Selain kaki, tangan jangan juga terasa dingin. 

Kulit pucat

Gejala anemia selanjutnya yaitu kulit tampak terlihat pucat. Sebab, hemoglobin dalam tubuh yang relatif rendah. Bahkan, tidak hanya kulit, gusi, bibir hingga kelopak mata juga akan terlihat lebih pucat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru