Hati-hati! 4 Faktor ini bisa jadi penyebab perut buncit

Kamis, 05 Agustus 2021 | 07:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! 4 Faktor ini bisa jadi penyebab perut buncit

ILUSTRASI. Mewaspadai penyebab perut buncit bisa jadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penumpukan lemak bisa jadi salah satu penyebab perut buncit. Masalah itu dapat Anda hindari dengan newaspadai beberapa faktor. Dengan begitu, jumlah lemak di perut Anda bisa berkurang sehingga risiko berbagai jenis penyakit dapat Anda hindari.

Melansir The Healthy Mummy (healthymummy.com), lemak yang menumpuk di bagian perut biasanya terjadi akibat kalori yang masuk ke tubuh lebih dari kalori yang Anda keluarkan. Jika Anda kesulitan untuk menghitung kalori yang berpengaruh pada tubuh Anda, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dokter.

Selain itu, masih banyak faktor lain yang memicu penumpukan lemak di perut. Ada beberapa faktor yang bisa Anda cegah sendiri. Namun, ada pula kasus di mana Anda perlu berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Stres

Stres bisa jadi salah satu penyebab perut buncit, lo. Saat stres, hormon kortiso memberi sinyal untuk tubuh menyimpan lebih banyak lemak sehingga perut buncit pun Anda alami. Jika memang diperlukan, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter supaya stres yang Anda alami dapat berkurang.

Baca Juga: Jika Ada Tanda-Tanda Ini, Bisa Jadi Moms Hamil Anak Kembar

Konsumsi Alkohol

Perut buncit juga bisa terjadi akibat konsumsi alkohol yang tidak terkontrol. Kalori berlebih yang Anda dapat dari mengonsumsi alkohol disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Tak hanya itu, kalori yang berasal dari minuman beralkohol bisa memperlambat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Gangguan Tidur

Gangguan pada tidur bisa jadi salah satu penyebab perut buncit.

The Healthy Mummy menyebutkan bahwa gangguan pada tidur, seperti apnea tidur, berpengaruh pada jumlah lemak yang menumpuk di perut. Tidur hanya selama lima hingga enam jam tiap malam juga meningkatkan risiko berat badan bertambah. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan kualitas tidur.

Baca Juga: 4 Arti nyeri perut sebelah kanan yang bisa terjadi, sebaiknya Anda kenali

Makanan yang Anda Konsumsi

Penyebab perut buncit berikutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Jika Anda terbiasa mengonsumsi makanan manis, maka jumlah lemak yang menumpuk di perut pun terus bertambah.

Sama seperti mengonsumsi alkohol, pemanis yang terdapat dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan tersimpan dalam bentuk lemak. Proses pembakaran lemak pun menurun jika Anda terus mengonsumsi jenis makanan tersebut.

Selanjutnya: Efetif, coba 6 cara mengatasi perut kembung ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru