kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efetif, coba 6 cara mengatasi perut kembung ini, yuk


Selasa, 03 Agustus 2021 / 14:08 WIB
Efetif, coba 6 cara mengatasi perut kembung ini, yuk
ILUSTRASI. Ada beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda jadikan pilihan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perut kembung merupakan hal yang biasa terjadi. Biasanya, kondisi itu disebabkan oleh penumpukan gas di saluran pencernaan. Jika Anda mengalami hal tersebut, beberapa cara mengatasi perut kembung dalam artikel ini dapat Anda praktikkan.

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab perut kembung. Mulai dari perubahan hormon, mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu, sembelit, alergi makanan, atau masalah pencernaan yang lain.

Sebenarnya, perut kembung bisa hilang dengan sendirinya. Namun, cara-cara di bawah ini dapat mempercepat proses penyembuhan. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Pakai Essential Oil

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), essential oil bisa digunakan untuk mengobati perut kembung, sakit perut, atau masalah pada sistem pencernaan yang lain. Namun, supaya hasilnya bisa maksimal, cobalah untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan essential oil.

Baca Juga: 4 Arti nyeri perut sebelah kanan yang bisa terjadi, sebaiknya Anda kenali

Berjalan

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah dengan berjalan. Aktivitas fisik tersebut dapat menstimulasi gerakan usus. Akibatnya, gas dan feses yang menyebabkan perut kembung dapat keluar dengan lebih mudah.

Hindari Mengunyah Permen Karet

Supaya perut kembung tak semakin parah, sebaiknya hindari mengunyah permen karet. Jenis gula yang terkandung dalam permen tersebut dapat menambah jumlah gas. Selain itu, mengunyah permen karet juga meningkatkan jumlah udara yang masuk ke saluran pencernaan.

Konsumsi Probiotik

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi probiotik supaya perut kembung bisa sembuh. Jenis nutrisi itu baik untuk bakteri dalam usus sehingga produksi gas dapat berkurang. Selain dalam bentuk suplemen, probiotik juga bisa Anda temukan dalam yogurt atay makanan fermentasi yang lain.

Hindari Konsumsi Soda

Menghindari konsumsi minuman bersoda bisa jadi cara mengatasi perut kembung.

Seperti yang telah disebutkan, mengonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu dapat menyebabkan perut kembung. Salah satu jenis minuman yang dimaksud adalah minuman bersoda. Selain itu, minuman yang mengandung pemanis buatan juga menimbulkan efek yang sama.

Baca Juga: Kenali 4 sayuran yang bisa membantu menurunkan asam lambung tinggi

Kurangi Konsumsi Garam

Selain disebabkan oleh penumpukan gas, perut kembung juga bisa terjadi akibat jumlah cairan berlebih dalam tubuh. Nah, cara mengatasi perut kembung berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi garam.

Alasannya karena jenis makanan itu biasanya mengandung banyak natrium yang mana dapat meningkatkan jumlah air dalam tubuh. Jika Anda tak mengurangi konsumsi makanan asin, pembengkakan tak hanya terjadi di bagian perut, tapi juga bisa terjadi di bagian tubuh yang lain.

Selanjutnya: Konsumsi Rempah Ini untuk Redakan Masalah Perut Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×