Hasilnya bisa efektif, coba 3 obat penurun panas ini

Kamis, 18 November 2021 | 15:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hasilnya bisa efektif, coba 3 obat penurun panas ini

ILUSTRASI. Air putih termasuk obat penurun panas.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat penurun panas tak hanya bisa Anda dapat dari apotek. Masih banyak cara-cara lain yang bisa Anda lakukan supaya suhu tubuh Anda menurun. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda bisa terus terjaga.

Suhu tubuh yang meningkat menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang berusaha melawan infeksi. Setelah infeksi berhasil dilawan, suhu tubuh akan berangsur menurun. Nah, dalam artikel ini, ada beberapa cara menurunkan panas untuk mempercepat proses penyembuhan badan.

Namun, usahakan untuk tetap memeriksakan diri ke dokter, ya. Apalagi jika suhu tubuh tinggi tak kunjung turun dalam waktu tertentu. Jika terlambat diatasi, bisa saja panas tubuh memicu masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Minum Air Putih

Best Health (besthealthmag.ca) mengatakan bahwa suhu tubuh tinggi bisa membuat Anda dehidrasi atau kekurangan cairan. Salah satu tanda tubuh kekurangan cairan adalah air kencing yang Anda keluarkan berwarna gelap.

Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk minum 8-12 gelas air putih per hari. jumlah tersebut tentu saja bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda. Selain minum air putih, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan dengan mengonsumsi sport drink, jus jeruk, atau minuman sehat yang lain.

Baca Juga: 4 Makanan untuk penderita asam lambung yang mudah didapat

Minum Teh

Mengonsumsi teh herbal termasuk obat penurun panas.

Obat penurun panas berikutnya yang bisa Anda jadikan opsi adalah teh herbal. Usahakan untuk minum satu atau dua gelas teh herbal panas secara teratur sampai suhu panas turun. Saat minum teh herbal panas, pori-pori kulit akan terbuka sehingga memicu produksi keringat.

Selain menurunkan suhu tubuh, minum teh herbal panas juga baik untuk Anda yang sedang terinfeksi flu. Produksi lendir yang meningkat dan mengganggu saluran pernapasan bisa encer dengan teh herbal. Saat hal itu terjadi, lendir menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan sehingga hidung tersumbat dapat Anda hindari.

Baca Juga: Ini cara konsumsi lidah buaya untuk mengontrol gula darah

Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas jadi obat penurun panas berikutnya yang direkomendasikan Best Health. Mengonsumsi makanan pedas akan meningkatkan produksi keringat sehingga suhu tubuh pun menurun. Tidak berhenti sampai di situ, capsaicin yang ada di cabai baik untuk aliran darah dalam tubuh Anda.

Selanjutnya: Rambut Anda Bermasalah? Coba Konsumsi Secara Rutin 5 Makanan Ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru