Hasil penelitian: Minum kopi bisa menurunkan risiko penyakit liver

Kamis, 01 Juli 2021 | 12:10 WIB Sumber: Kompas.com
Hasil penelitian: Minum kopi bisa menurunkan risiko penyakit liver


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum kopi tidak hanya bisa memperbaiki mood. Berdasarkan penelitian, minum kopi bisa menurunkan risiko penyakit liver.  

Kopi merupakan minuman populer yang digemari banyak orang dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan, selain membantu Anda lebih bersemangat.

Baca Juga: 5 Minuman yang efektif membantu menurunkan berat badan

Ada banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat berdampak baik untuk tubuh, seperti:

Mengurangi risiko terkena multiple sclerosis dan penyumbatan arteri koroner.

Menawarkan perlindungan terhadap diabetes tipe 2.

Mencegah penyakit parkinson dan alzheimer.

Tidak hanya dapat bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit tetapi bahkan dapat meningkatkan efek obat penghilang rasa sakit lainnya.

Menariknya, manfaat kopi tidak hanya itu. Sebuah studi baru yang dilakukan oleh University of Southampton menemukan bahwa minum tiga atau empat cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko Anda terkena dan meninggal akibat penyakit liver kronis.

Studi ini menunjukkan bahwa peminum kopi 21% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit liver kronis, dan 20% lebih kecil kemungkinannya  mengembangkan fatty liver.

Mereka juga 49% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat penyakit liver kronis dibandingkan bukan peminum kopi.

Baik kopi bubuk maupun kopi tanpa kafein ternyata memberikan manfaat, begitu juga kopi instan.

“Kopi dapat diakses secara luas, dan dari penelitian minuman ini menawarkan manfaat potensial untuk mencegah penyakit liver kronis,” kata Dr. Oliver Kennedy, penulis studi tersebut.

“Fakta ini akan sangat berharga di negara-negara dengan akses perawatan kesehatan rendah di mana penyakit liver kronis paling tinggi.”

Tentu saja, tidak semua kopi sama dan manfaat yang didapat pun tergantung pada cara Anda meminum kopi.

Menikmati kopi hitam sebanyak 3 atau 4 cangkir sehari mungkin bermanfaat bagi Anda, tetapi meminum kopi dengan banyak gula atau krim justru dapat merugikan kesehatan.

Penelitian ini memberikan lebih banyak bukti bahwa jika kopi cocok untuk Anda dan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar, maka manfaatnya pun akan diperoleh.(Intan Pitaloka) 

Baca Juga: Minum kopi 30 menit sebelum olahraga efektif membakar lemak lebih maksimal

Selanjutnya: Begini cara minum kopi yang aman untuk penderita asam lambung

 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menurut Studi, Kopi Bisa Kurangi Risiko Terkena Penyakit Liver"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru