Harus diwaspadai, ini ciri-ciri anak yang mengalami gaming disorder

Rabu, 30 September 2020 | 13:49 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Harus diwaspadai, ini ciri-ciri anak yang mengalami gaming disorder

ILUSTRASI. Harus diwaspadai, ini ciri-ciri anak yang mengalami gaming disorder.

KONTAN.CO.ID -  Semakin berkembangnya teknologi, banyak anak yang kecanduan bermain game. Tidak jarang mereka menghabiskan waktu berjam-jam bermain gim di gadget

Bermain gim memang tidak dilarang, tapi terlalu sering bisa membawa pengaruh negatif. Terlalu sering bermain game bisa menyebabkan gaming disorder pada anak.

Bersumber dari laman resmi WHO, gaming disorder adalah perilaku bermain gim yang ditandai oleh gangguan kontrol saat bermain.  Penderita gangguan ini juga lebih memprioritaskan bermain gim dibanding aktivitas lainnya. Frekuensi bermain game pun sudah melampaui batas wajar. 

Anak yang mengalami gangguan gaming disorder mampu bermain gim selama berjam-jam. Tingkah laku dan sikap mereka juga sedikit banyak terpengaruh dari kebiasaan bermain gim. 

gaming disorder

Efek gaming disorder

Anak-anak jadi memiliki sedikit hubungan sosial. Mereka jarang berinteraksi dengan keluarga, teman, dan orang-orang sekitar. Efek dari gaming disorder bisa mengganggu pekerjaan dan pendidikan anak. 

Tidak hanya perilaku, kesehatan anak juga bisa terganggu. Terlalu sering duduk hingga radiasi pada gawai bisa mengganggu kesehatan terutama mata anak. 

Baca juga: Cara mencegah penularan virus corona pada anak-anak, terapkan sejak dini 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru