kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,11   -0,53   -0.06%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harry Su: Awalnya seperti alergi kulit, ternyata positif Covid


Jumat, 11 September 2020 / 19:25 WIB
Harry Su: Awalnya seperti alergi kulit, ternyata positif Covid


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jangan pernah meremehkan Covid-19. Karena virus ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan. Karena gejala positif Covid-19 kadang jauh dari masalah pernapasan.

Siapa sangka, alergi dan gatal kulit yang dirasakan Managing Director and Head of Equity Capital Market PT Samuel International Harry Su merupakan gejala awal penyakit akibat infeksi virus corona. Sudah sekitar satu bulan belakangan ini Harry berjuang melawan virus tersebut. 

Pada minggu pertama, dia hanya merasakan gatal di bagian dada, perut, pinggang, dan paha. Muncul bentol di bagian tersebut seperti penderita kulit sensitif akibat alergi. Barulah pada minggu kedua, Harry merasakan demam. 

"Swab test, hasilnya positif. Kata dokter, 15% dari semua kasus positif bermula dari masalah kulit," kata Harry kepada Kontan.co.id, Jumat (11/9).

Baca Juga: Ini 10 makanan peningkat daya tahan tubuh untuk cegah Covid-19, selain buah & sayur

Pada minggu ketiga, dia sempat isolasi mandiri di rumah. Namun, kondisinya menurun hingga mengalami happy hipoxia.

Asal tahu saja, happy hipoxia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami penurunan kadar oksigen dalam darah. Kondisi tersebut bisa membuat orang sesak nafas.

Karena kondisi tersebut, Harry harus dirawat di rumah sakit selama lima belas hari. Dia baru diperbolehkan pulang minggu kemarin.

"Sampai sekarang, masih mengalami kekentalan darah dan detak jantung yang tinggi. Ada yang tanpa gejala, ada yang parah seperti saya. Sudah satu bulan ini tapi (fisik) belum sepenuhnya membaik," tutur Harry.

Baca Juga: Ini dua cara deteksi dini Happy Hypoxia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×