Kesehatan Umum

Hari Cuci Tangan Sedunia, begini cara cuci tangan yang benar

Kamis, 15 Oktober 2020 | 14:37 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Hari Cuci Tangan Sedunia, begini cara cuci tangan yang benar

ILUSTRASI. Warga mencuci tangan yang tersedia di depan Pos Polisi Bunderan HI, Jakarta, Senin (12/10/2020).

KONTAN.CO.ID - Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Begini cara cuci tangan yang benar.

Cuci tangan adalah salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang selalu digaungkan sejak lama untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi. Terutama, saat ini ketika ada pandemi virus corona baru.  

Cuci tangan perlu dilakukan lantaran tangan merupakan media yang sangat ampuh untuk berpindahnya penyakit, lantaran digunakan untuk memegang benda-benda yang seringkali tidak kita ketahui dengan pasti kebersihannya.

Salah satu contoh adalah ketika kita memegang pegangan pintu atau pegangan dalam kendaraan. Kita tidak pernah tahu, apakah ada agen penyakit (virus/bakteri) yang menempel di sana, bisa jadi sebelumnya dipegang oleh orang yang batuk atau bersin ditutup oleh tangannya. 

Kemudian, tangan kita yang sudah memegang pegangan pintu tersebut, lalu menutup mulut kita yang menguap atau langsung memegang makanan. Di sinilah bisa terjadi proses perpindahan agen penyakit. 

Sebagai kebiasaan yang baik, mencuci tangan perlu memenuhi cara yang benar, agar kita yakin bahwa seluruh permukaan tangan sudah terbasuh dan benar-benar bersih.

Baca Juga: 4 Fakta norovirus, virus mematikan yang menyerang lambung  

6 Langkah cara cuci tangan yang benar

Hari Cuci Tangan Sedunia

Mencuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dan air mengalir. Berikut urutan cara cuci tangan yang benar dirangkum dari laman Covid-19 Kementerian Kesehatan:

  1. Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. 
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. 
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih. 
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. 
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. 
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan. 

Baca Juga: Inilah cara mencegah corona saat makan di restoran menurut CDC

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru