Hal ini bisa meningkatkan risiko kematian Covid-19

Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hal ini bisa meningkatkan risiko kematian Covid-19

ILUSTRASI. Salah satu faktor yang meningkatkan risiko kematian Covid-19 adalah obesitas.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada berbagai macam faktor yang dapat meningkatkan risiko kematian akibat infeksi Virus Corona. Tidak hanya usia, ras, atau penyakit tertentu, berat badan juga dapat memperburuk kondisi kesehatan pasien Covid-19.

Maka dari itu, Anda perlu mengontrol berat badan supaya tetap ideal. Mengutip dari Eatthis.com, obesitas atau berat badan berlebih yang tak terkontrol bisa meningkatkan risiko kematian Covid-19 hingga tiga kali lipat.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam AHA journal Circulation, pasien Covid-19 berusia 20-an hingga 40-an memiliki risiko kematian Covid-19 tinggi karena obesitas. Begitu pula dengan kebutuhan perawatan rumah sakit akibat penyakit yang sama.

Data penelitian menunjukkan bahwa pasien Covid-19 dengan BMI lebih dari 40 dua kali lipat membutuhkan bantuan ventilator. Risiko kematian pun meningkat sebanyak 26% dibandingkan pasien terinfeksi Virus Corona yang memiliki berat badan ideal.

Baca Juga: Macam-macam penyakit komorbid yang wajib Anda ketahui

Melansir Eatthis.com, obesitas tak hanya memperparah efek Covid-19, tapi juga bisa meningkatkan risiko penyakit lain yang berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu, Anda perlu mengontrol berat badan untuk menghindari obesitas dan masalah kesehatan yang lain.

Cobalah untuk menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Usahakan untuk mengonsumsi makanan-makanan bergizi daripada makanan dan minuman yang kurang sehat. Meski lebih banyak melakukan kegiatan di rumah selama pandemi Covid-19, jangan lupa untuk tetap rajin olahraga.

Baca Juga: Anak terinfeksi Covid-19? Simak panduan isolasi mandiri anak dari pengajar Unair ini

Tidak berhenti sampai di situ, penting pula bagi Anda untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pastikan untuk tidak mengungjungi tempat dengan risiko penularan Covid-19 tinggi jika memang tak ada kebutuhan yang mendesak.

Jika Anda terpaksa pergi ke tempat umum, usahakan untuk jaga jarak dan selalu pakai masker dengan cara yang benar. Menjaga kebersihan tangan juga tak boleh Anda lupakan. Anda perlu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau memakai hand sanitizer.

Selanjutnya: Waspadai Komorbid Pada Penderita Covid-19, Ketahui Macam-Macamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru