Gampang Dicari, Ini 5 Obat Herbal Tekanan Darah Tinggi

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gampang Dicari, Ini 5 Obat Herbal Tekanan Darah Tinggi

ILUSTRASI. Bawang putih, jahe, dan bahan alami lain bisa Anda gunakan sebagai obat herbal tekanan darah tinggi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara mengobati hipertensi adalah dengan mengonsumsi obat herbal tekanan darah tinggi. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami yang cukup mudah untuk Anda temukan. Usahakan untuk mengonsumsinya secara rutin, ya.

Tekanan darah tinggi menyulitkan jantung untuk mengantar darah ke seluruh bagian tubuh. Padahal, darah berisi oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan sel-sel di seluruh tubuh untuk bisa berfungsi secara optimal.

Maka dari itu, Anda perlu mengontrol tekanan darah supaya lebih stabil. Anda perlu melakukan olahraga secara rutin dan mengatur makanan apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda konsumsi supaya tekanan darah bisa lebih bisa terkontrol.

Bawang Putih

Mengutip dari Timesnownews.com, bawang putih jadi salah satu bahan alami yang efektif menurunkan tekanan darah. Antiinflamasi yang terkandung dalam bawang putih mampu membuat otot jantung rileks sehingga tekanan darah turun.

Tidak berhenti sampai di situ, bawang putih juga mengandung berbagai macam nutrisi yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi bawang putih. Anda bisa memakannya secara langsung atau mencampurnya pada berbagai macam hidangan yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Jadi Obat Jerawat, Simak 6 Manfaat Buah Nanas Ini, Yuk

Kapulaga

Jika Anda mencari obat herbal tekanan darah tinggi, kapulaga bisa Anda jadikan pilihan. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi jenis rempah itu mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan setelah mengonsumsi kapulaga selama 12 minggu.

Kemangi

Kemangi termasuk salah satu obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba. Bahan alami itu mengandung zat kimia bernama eugenol yang mampu mencegah pembuluh darah menjadi kencang atau tidak rileks.

Selain menurunkan tekanan darah, kemangi juga bisa memberikan manfaat lain. Misalnya, mengobati flu atau pilek yang sedang Anda alami. Anda bisa mencampur kemangi pada teh yang Anda konsumsi atau mencampurnya dengan hidangan yang lain.

Baca Juga: Selain Nyeri Sendi, Ini Gejala Asam Urat Tinggi

Kayu Manis

Kayu manis bisa jadi obat herbal tekanan darah tinggi.

Timesnownews.com merekomendasikan kayu manis supaya tekanan darah Anda lebih terkontrol. Anda bisa menambahkan kayu manis pada teh, smoothies, atau makanan dan minuman lain yang Anda konsumsi.

Jahe

Kandungan dalam jahe bisa melancarkan aliran darah dan mengendurkan dinding-dinding pembuluh darah. Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru