Gampang, begini 6 cara membersihkan paru-paru pakai bahan alami

Rabu, 01 Desember 2021 | 14:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gampang, begini 6 cara membersihkan paru-paru pakai bahan alami

ILUSTRASI. Mengonsumsi bawang putih bisa jadi cara membersihkan paru-paru.

KONTAN.CO.ID - Cara membersihkan paru-paru perlu Anda lakukan secara rutin supaya kesehatannya tetap terjaga. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk melakukan hal itu. Tenang saja, langkah yang perlu Anda lakukan tidak sulit, kok.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan agar kondisi paru-paru terjaga adalah dengan berhenti merokok. Asap rokok yang Anda hisap tak hanya memperburuk kondisi saluran pernapasan, tapi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, jangan lupa menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti rajin olahraga dan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Beberapa bahan alami berikut  bisa Anda jadikan pilihan untuk menjaga kebersihan paru-paru Anda:

Bawang putih

E Times merekomendasikan Anda untuk rutin mengonsumsi bawang putih. Meski memiliki rasa yang kurang lezat, bawang putih memiliki banyak antibiotik yang efektif melawan infeksi saluran pernapasan dan mengatasi saluran pernapasan yang tersumbat dengan baik.

Baca Juga: Waspada penyakit TBC, ini cara mencegah penyebaran penyakitnya

Kunyit

Bahan alami berikutnya yang cocok dimanfaatkan sebagai cara membersihkan paru-paru adalah kunyit. Rutin mengonsumsi kunyit membantu meredakan peradangan dan penyumbatan di saluran pernapasan Anda.

Selain menjaga kebersihan paru-paru, kandungan dalam kunyit pun berguna untuk membersihkan zat racun dari seluruh bagian tubuh.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi kunyit. Mulai dari mengonsumsinya langsung, mencampurnya dengan susu, hingga mengombinasikannya dengan bahan makanan lain.

Bluberi

Mengonsumsi bluberi termasuk cara membersihkan paru-paru.

Mengonsumsi bluberi juga baik untuk kesehatan paru-paru. Jenis buah itu dipenuhi dengan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, mengonsumsi bluberi secara teratur juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Teh hijau

Siapa yang suka minum teh hijau? E Times menyebutkan, teh hijau dipenuhi dengan polifenol. Polifenol adalah salah satu kandungan dalam jenis teh itu yang berfungsi sebagai antiinflamasi.

Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, peradangan yang terjadi dalam paru-paru bisa teratasi dengan baik. Jika Anda ingin rutin mengonsumsi teh hijau, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Tujuannya, untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Catat! Ini 6 gejala flu yang paling umum muncul

Apel

Cara membersihkan paru-paru bisa dengan makan apel.

Antioksidan dalam apel efektif melindungi paru-paru dari paparan asap rokok atau jenis polusi yang lain. Hasil penelitian pun menunjukkan, rutin mengonsumsi lebih dari 5 apel per minggu efektif menjaga fungsi paru-paru secara menyeluruh.

Jahe

Jika Anda mencari cara membersihkan paru-paru, cobalah untuk mengonsumsi jahe. Sama seperti teh hijau, jahe mengandung antiinflamasi.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak kandungan penting yang terdapat dalam jahe. Mulai dari kalium, zinc, magnesium, beta karoten, hingga vitamin serta mineral yang lain.

Kandungan-kandungan itu efektif membersihkan zat racun yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Manfaat jahe lainnya adalah jenis rempah itu mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Selanjutnya: Soal rencana akuisisi StreetScooter, Menteri Investasi: Tidak akan rugikan negara

Editor: Belladina Biananda
Terbaru