kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gampang banget, ini 4 cara menurunkan demam pada anak


Sabtu, 11 September 2021 / 11:00 WIB
Gampang banget, ini 4 cara menurunkan demam pada anak


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Demam merupakan mekanisme alami tubuh saat ada infeksi penyakit. Sayangnya, kondisi itu lebih sering dialami anak-anak karena sistem imun yang belum optimal. Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba banyak cara menurunkan demam pada anak.

Sebenarnya, demam merupakan mekanisme alami yang dimiliki tubuh saat ada benda asing yang menginfeksi. Meski demikian, Anda tetap perlu melakukan beberapa hal biar demam tak menimbulkan masalah lain yang lebih serius.

Supaya demam anak bisa sembuh dengan lebih cepat, Anda perlu memerhatikan asupan makanan dan minuman. Cobalah untuk memberikan beberapa jenis bahan alami di bawah ini supaya demam bisa turun.

Jika demam tak kunjung reda, jangan ragu untuk membawa anak berkonsultasi ke dokter, ya.

Bawang merah

Mengutip dari Tata Health, demam anak bisa Anda atasi dengan memanfaatkan bawang merah. Bahan alami itu juga efektif mengurangi rasa sakit yang muncul di tubuh bersama dengan demam.

Caranya, potong bawang merah menjadi dua atau tiga bagian. Setelah itu, gosokkan salah satu bagian bawang merah di masing-masing telapak kaki selama beberapa menit. Lakukan cara tersebut dua kali sehari sampai demam mereda.

Baca Juga: 8 Cara meredakan flu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah

Kismis

Kismis juga bisa digunakan sebagai cara menurunkan demam pada anak, lo. Jenis makanan itu mengandung antibakteri yang efektif melawan infeksi. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rendam 25 butir kismis dalam setengah gelas air selama satu jam. Setelah teksturnya lebih lembut, haluskan kismis hingga berbentuk pasta. Minta anak untuk mengonsumsi pasta kismis itu sebanyak dua kali dalam sehari.

Madu dan lemon

Madu dan lemon juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menurunkan demam pada anak, lo. Alasannya karena vitamin C dan nutrisi lain dalam bahan alami itu mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Anda hanya perlu mencampur 1 sdm madu dan 1 sdm air lemon lalu berikan campuran itu pada anak.

Baca Juga: Ini 8 cara mengatasi sesak nafas secara alami

Jahe

Salah satu cara menurunkan demam pada anak adalah memanfaatkan jahe.

Tata Health merekomendasikan jahe untuk meredakan demam yang dialami anak. Kandungan-kandungan dalam jenis rempah itu efektif melawan infeksi bakteri penyebab demam.

Caranya, tambahkan 2 sdm bubuk jahe dan beberapa potong jahe mentah dalam seember air hangat. Selanjutnya, gunakan air tersebut untuk memandikan anak.

Kehangatan yang datang dari air dan jahe mampu meningkatkan produksi keringat. Nah, dari situlah suhu panas dan zat beracun dalam tubuh keluar.

Selanjutnya: Cara Tepat Menangani Demam pada Anak-Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×