kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gairah seksual perempuan turun setelah menikah


Jumat, 15 September 2017 / 23:05 WIB
Gairah seksual perempuan turun setelah menikah


Reporter: kompas.com | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Apa sih yang membuat gairah seksual hilang? Bagi sebagian orang mungkin karena sifat pasangan yang arogan atau kata-kata kasar. Sebagian lagi mungkin karena bau badan yang tidak disukai.

Bagi wanita, ternyata rasa "ilfil" itu sebagian besar disebabkan karena waktu. Penelitian terbaru menemukan bahwa wanita kehilangan minat untuk berhubungan seks setelah 12 bulan menikah.

Dipublikasikan di British Medical Journal Open, survei mengumpulkan data dari 4.839 pria dan 6.669 wanita berusia 16-74 tahun. Terungkap minat seksual mereka menurun seiring pertambahan usia, dan wanita mengklaim lebih cepat bosan untuk berhubungan seks dibanding pria.

Gairah wanita menurun ketika masih memiliki anak di bawah usia lima tahun dan setelah melahirkan.

“Kurangnya minat tersebut mungkin terkait dengan peran utama mereka. Faktanya bahwa dampak stres terhadap fungsi seksual lebih besar terjadi pada wanita dibanding pria, atau pergeseran perhatian untuk membesarkan anak," jelas studi tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Southampton University juga menemukan faktor-faktor seperti kurangnya kedekatan emosional, masalah komunikasi dan kesehatan yang menurun merupakan alasan menurunnya gairah seksual baik bagi pria dan wanita. Faktor lain berupa kekerasan dalam hubungan seks di masa lalu.

Bagi wanita, mulai padamnya gairah seks paling umum terjadi antara usia 55 dan 64 tahun. Sedangkan untuk pria lebih muda, yakni usia 35 - 44 tahun.

Namun, para peneliti memastikan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kondisi ini ada kaitannya dengan menopause.

Pria dan wanita yang termasuk dalam penelitian tersebut mengaku mengalami penurunan libido, bahkan pada perempuan dua kali lebih besar penurunannya.

Secara keseluruhan, 34% wanita yang disurvei mengaku kurang berminat berhubungan seks, dibandingkan pria yang hanya 15%.

Mereka juga menemukan bahwa dua dari lima wanita berusia lanjut merasa tidak puas dengan kehidupan seks mereka, yang menurut para ahli karena stres dan tekanan kehidupan berkeluarga dan beban pekerjaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul Gairah seks wanita turun setelah setahun menikah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×