Fujitsu Indonesia luncurkan hospital information system untuk rumahsakit dan klinik

Jumat, 16 April 2021 | 17:53 WIB   Reporter: Dikky Setiawan
Fujitsu Indonesia luncurkan hospital information system untuk rumahsakit dan klinik

ILUSTRASI. Implementasi inovasi teknologi Fujitsu Indonesia di lini kesehatan akan memangkas proses operasional rumah sakit atau klinik sejak dari meja pendaftaran hingga ke bagian pembayaran (kasir). REUTERS/Toru Hanai/File Photo

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perusahaan teknologi informasi dan komunikasi PT Fujitsu Indonesia meluncurkan Hospital Information System (HIS), solusi teknologi bagi industri kesehatan di Indonesia.

Teknologi besutan Fujitsu Indonesia ini sekaligus untuk menjawab kebutuhan transformasi digital di lini kesehatan, yang semakin dinamis kebutuhannya akan teknologi untuk menunjang operasional.
 
Perkembangan teknologi di era Industri 4.0 membutuhkan inovasi-inovasi teknologi yang tak hanya berfokus pada sektor tertentu. Industri kesehatan (healthcare) adalah salah satu yang membutuhkan inovasi teknologi untuk menunjang kegiatan operasional setiap harinya. 

Implementasi inovasi teknologi Fujitsu Indonesia di lini kesehatan akan memangkas proses operasional rumahsakit atau klinik sejak dari meja pendaftaran hingga ke bagian pembayaran (kasir).

Dengan pengalaman panjang dan komprehensif Fujitsu di Jepang dalam industri kesehatan, Fujitsu Indonesia yakin dapat memberikan inovasi yang solutif bagi lini kesehatan di Tanah Air.  

Odi Susilo Handoko, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia mengatakan, transformasi digital di industri kesehatan dapat memberikan banyak manfaat. Menurut Odi, akan jadi lebih efektif karena record data dapat dimanfaatkan dengan cepat dan lebih luas, efisien karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja. 

"Artinya di sini ada penghematan dan efisiensi waktu kerja yang dapat dicapai," kata Odi dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (16/4). 

Pengaplikasian solusi HIS dapat menjadi jawaban bagi rumahsakit atau klinik untuk memangkas biaya operasional (OPEX). Salah satunya, dengan mengurangi biaya data center dan server untuk mengelola data.

Pengaplikasian solusi ini nantinya akan merambah ke area penyimpanan data (cloud) dan manage services, yang memudahkan pasien ketika datang ke rumahsakit atau klinik. 

Ruang penyimpanan data 

Jadi, sejak awal datang ke rumahsakit, pasien tidak perlu mengantre lama untuk mendaftar, semua bisa dilakukan secara daring dan digital. "Pihak rumah sakit juga tidak perlu repot mengelola atau memikirkan ruang penyimpanan data atau rekam medis pasien yang tentu akan membutuhkan ruangan tak kecil bila masih dalam bentuk paper document," imbuh Odi. 

Tentu, lanjut Odi, dengan pengaplikasian solusi ini akan mengoptimalkan pelayanan rumahsakit atau klinik sejak dari meja pendaftaran, ruang dokter, apotek, hingga kasir. Hal ini akan meningkatkan daya saing rumahsakit karena memudahkan pasien dalam pelayanan.

Dengan solusi ini, Fujitsu Indonesia berkomitmen untuk berpartisipasi menciptakan Sustainable Development Goals (SDG) terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Fujitsu Indonesia menargetkan untuk menjadi penyedia solusi industri kesehatan yang terpercaya dan handal di Indonesia dengan solusi Hospital Information System.

Solusi teknologi yang ditawarkan oleh Fujitsu Indonesia juga sebagai salah satu jawaban dari program pemerintah jangka menengah (RJPM), dimana 98% penduduk harus mendapatkan perlindungan sosial.

Di samping itu, solusi HIS milik Fujitsu Indonesia dapat disesuaikan dengan regulasi Kementerian Kesehatan bila terjadi perubahan kebijakan. 

Selanjutnya: Fujitsu serius melirik peluang bisnis disektor making Indonesia 4.0

 

"Ini memberikan ruang kepada rumah sakit atau klinik yang mengaplikasikan solusi ini untuk tetap menggunakan solusi HIS yang sudah teraplikasi namun masih mungkin dilakukan penyesuaian. Artinya solusi kami fleksibel untuk dilakukan enhancement sesuai dengan regulasi yang ada," tutup Odi.

Editor: Dikky Setiawan
Terbaru