Begini cara penyebaran virus corona menurut simulasi superkomputer Fugaku

Senin, 26 Oktober 2020 | 15:39 WIB Sumber: Kompas.com
Begini cara penyebaran virus corona menurut simulasi superkomputer Fugaku

ILUSTRASI. Begini cara penyebaran virus corona menurut simulasi superkomputer Fugaku. REUTERS/Phil Noble


KONTAN.CO.ID - Tokyo. Pandemi virus corona sudah berlangsung hampir setahun. Tak hanya ilmuwan, penelitian tentang virus corona juga melibatkan teknologi canggih. Supercomputer Fugaku, komputer tercepat di dunia turut digunakan untuk penelitian virus corona.

Para peneliti Jepang menggunakan Fugaku dalam menanggulangi penyebaran virus corona. Baru-baru ini, para peneliti dari Universitas Kobe yang bekerja sama dengan lembaga penelitian Riken menggunakan Fugaku untuk melakukan simulasi penyebaran dalam sebuah skenario.

Skenario tersebut dibuat sebagai simulasi untuk membuktikan bagaimana posisi tempat duduk di restoran dapat memengaruhi proses penularan Covid-19. Pada studi kali ini, para peneliti memprogram Fugaku untuk mendemonstrasikan sekelompok subyek yang seolah-olah sedang makan di suatu restoran.

Subyek terdiri dari empat orang dan diposisikan untuk duduk di suatu meja makan yang sama. Di antara keempat orang tersebut, salah satunya digambarkan telah terpapar virus corona.

Baca juga: Promo Tupperware Oktober 2020 segera berakhir, fancy bottle, mug, jug, canister dll

Simulasi dijalankan untuk memperlihatkan penyebaran partikel aerosol dan droplet saat empat orang duduk di meja makan dan berbicara tanpa menggunakan masker. Simulasi yang dijalankan oleh Fugaku menerapkan tiga kondisi yang berbeda, yakni ketika seseorang sedang duduk dalam posisi bersebelahan, berseberangan, dan duduk dalam posisi menyilang (diagonal).

Pada skenario pertama, subyek yang telah terpapar virus berbicara dengan seseorang yang duduk di seberangnya. Dalam kondisi tersebut, peneliti menemukan bahwa ada 5 persen dari partikel droplet yang akan menyebar dan menempel ke lawan bicara.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru