Faktor risiko dan penyebab kanker kulit yang perlu Anda waspadai

Selasa, 08 Desember 2020 | 08:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Faktor risiko dan penyebab kanker kulit yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang memperparah penyebab kanker kulit. Salah satunya adalah kebiasaan merokok. REUTERS/Ann Wang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebab kanker kulit yang utama adalah paparan sinar UV . Hal itu bisa diperparah karena berbagai macam faktor risiko. Mulai dari usia, kondisi tubuh, genetik, dan pola hidup. Untuk menghindari kanker kulit, sebaiknya Anda perlu mewaspadai faktor-faktor tersebut.

Faktor Umum

Cancer Treatment Centers of America (cancercenter.com) mengelompokkan usia, sistem imun, dan jenis kelamin sebagai faktor umum yang berhubungan dengan kanker kulit. Seiring bertambahnya usia, semakin banyak pula radiasi sinar UV yang bisa Anda terima.

Meski demikian, anak-anak juga bisa mengalami kanker kulit jika terpapar sinar UV yang terlalu banyak. Maka dari itu, penting untuk memakai sunscreen saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Selain itu, kondisi sistem imun tubuh yang sedang lemah juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Kondisi Tubuh

Penyebab kanker kulit bisa diperparah dengan kondisi tubuh tertentu. Cancer Treatment Centers of America mengatakan orang yang memiliki freckles, rambut pirang atau berwarna merah, dan mata biru atau hijau lebih berisiko terkena kanker kulit.

Baca Juga: Bisa melawan kanker, ini manfaat penting buah manggis

Genetik

Genetik dan riwayat kesehatan keluarga jadi faktor lain yang meningkatkan risiko kanker kulit. Jika Anda memiliki orangtua atau saudara yang menderita kanker kulit, Anda berisiko mengalami hal yang sama. Meski Anda sudah terdiagnosa penyakit tersebut, Anda masih bisa mengalami kanker kulit di kemudian hari.

Pola Hidup

Penyebab kanker kulit bisa semakin parah ketika Anda menjalankan pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan terpapar bahan kimia serta sinar UV. Merokok bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker, apalagi yang ada di bagian bibir. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan buruk itu.

Baca Juga: Awas! Makan gorengan berlebihan bisa memicu masalah kesehatan

Perawatan Medis

Selain beberapa hal di atas, perawatan medis yang pernah Anda jalani jadi faktor lain yang mengakibatkan kemunculan kanker kulit. Perawatan medis yang menggunakan radiasi mengakibatkan risiko kanker kulit di bagian yang terpapar meningkat.

Tak hanya itu, pengobatan yang digunakan untuk mengatasi penyakit psoriasis juga meningkatkan risiko kanker kulit. Pengobatan psoriasis yang dimaksud adalah melibatkan psoralen, bahan alami, dan perawatan sinar UV.

Selanjutnya: Selain kaya antioksidan, manfaat terong berguna untuk mencegah kanker, lo

Editor: Belladina Biananda
Terbaru