kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa melawan kanker, ini manfaat penting buah manggis


Selasa, 01 Desember 2020 / 17:36 WIB
Bisa melawan kanker, ini manfaat penting buah manggis


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu buah tropis yang mengandung banyak antioksidan adalah manggis. Itu sebabnya, buah ini cocok dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan. Ada banyak manfaat buah manggis yang bisa Anda dapat. Mulai dari mencegah infeksi penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

Mencegah Infeksi Penyakit

Selain mengandung banyak antioksidan, buah manggis juga memiliki antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antitumor sehingga bisa mencegah berbagai jenis infeksi penyakit. Tak hanya itu, buah manggis juga mengandung salah satu senyawa polyfenol bernama xanthone.

Xanthone berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah infeksi TBC dan Malaria. Meski demikian, Very Well Fit (verywellfit.com) mengatakan bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hasil tersebut.

Mengatasi Beberapa Tipe Gangguan Mental

Buah manggis juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan terapeutik untuk mengobati beberapa tipe gangguan mental. Kandungan antioksidan, antiinflamasi, neuroprotective, dan antiapoptotic bisa dipakai untuk pengobatan tambahan penyakit skizofrenia dan bipolar.

Baca Juga: Fakta nutrisi manggis yang menjadikannya sebagai buah super

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat buah manggis adalah meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Mengutip dari Very Well Fit, buah manggis bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin dan mineral penting. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food. Studi dilakukan selama 30 hari dan melibatkan 59 orang dewasa sehat.

Selain meningkatkan sistem imun tubuh, buah manggis juga berkhasiat untuk mengurangi jumlah protein C-reactive yang merupakan penanda inflamasi atau peradangan. Meski demikian, perlu penelitian lain dengan kondisi manusia yang lebih baik untuk memperjelas manfaat tersebut.

Melawan Kanker

Tak hanya mencegah infeksi TBC dan Malaria, xanthone dalam buah manggis juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan tumor sehingga berpotensi melawan sel kanker. Meski demikian, Anda tak boleh mengonsumsinya secara sembarangan karena buah manggis berpengaruh pada gula darah dan pengobatan kanker yang sedang dijalani.

Baca Juga: Ini buah yang aman dikonsumsi para penderita diabetes

Alergi

Manfaat buah manggis lainnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis buah ini mampu mengatasi alergi serbuk sari. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antialergi dalam buah manggis. Meski demikian, para peneliti mengatakan bahwa masih diperlukan lebih banyak studi untuk menguji efek tersebut.

Selanjutnya: Ini cara mudah membuat teh kulit manggis dan manfaatnya bagi kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×