kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,55   -16,97   -1.81%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Faktor ini menyebabkan Anda kembali terinfeksi Covid-19


Rabu, 29 September 2021 / 11:21 WIB
Faktor ini menyebabkan Anda kembali terinfeksi Covid-19
ILUSTRASI. Anda perlu berhati-hati karena bisa kembali terinfeksi Covid-19. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pencegahan Covid-19 perlu terus Anda lakukan. Jika tidak, Anda berisiko terinfeksi Virus Corona. Vaksin memang bisa menurunkan risiko infeksi, tapi vaksin Covid-19 tidak membuat tubuh Anda kebal dari jenis penyakit tersebut.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), ada beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan oleh banyak orang. Pertama, adanya anggapan bahwa Anda hanya bisa terinfeksi Covid-19 sebanyak satu kali.

Anda tetap bisa kembali terinfeksi Virus Corona. Apalagi saat ini semakin banyak varian virus yang lebih mudah menular dan mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih parah. Kesalahan selanjutnya adalah memakai masker dengan cara yang kurang benar.

Meski Anda sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19, pastikan untuk selalu memakai masker, apalagi saat Anda bertemu orang lain di tempat umum. Pilihlah jenis masker dengan efektivitas tinggi. Selain itu, usahakan untuk memakai masker berukuran pas dengan wajah Anda.

Baca Juga: Daftar pantangan sebelum vaksinasi Covid-19, jangan dilakukan!

Lalai memakai masker, meski sudah divaksin, bisa mengakibatkan Anda kembali terinfeksi Covid-19.

Selanjutnya, menunda jadwal tes Covid-19 berisiko meningkatkan penyebaran Virus Corona di sekitar Anda. Apabila Anda mengalami gejala Covid-19, seperti sakit kepala, nyeri otot, demam, dan ciri-ciri yang lain, segera lakukan tes, ya.

Terlebih bagi Anda yang baru saja berkontak erat dengan pasien positif Covid-19. Menunda tes dapat memperparah kondisi kesehatan Anda sendiri. Tanpa Anda sadari, risiko penyebaran virus ke orang lain pun cukup tinggi.

Baca Juga: Panduan protokol kesehatan terbaru dari Satgas, siap hidup berdampingan dengan corona

Melansir E Times, kesalahan lain yang perlu Anda hindari adalah mengabaikan protokol kesehatan ketika bertemu dengan orang lain. Saat kasus Covid-19 menurun, pemegang kebijakan cenderung melonggarkan aturan-aturan di tempat umum.

Meski demikian, usahakan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, batasi jumlah orang yang berkumpul dalam satu waktu, perhatikan ventilasi udara di tempat Anda berkumpul, dan tetap gunakan masker, menjaga jarak, serta menjaga kebersihan tangan.

Selanjutnya: Tempat-tempat yang harus dihindari untuk mencegah virus corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×