Faktor ini bisa membuat orang tua ragu akan vaksin Covid-19, apa saja?

Selasa, 09 November 2021 | 16:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Faktor ini bisa membuat orang tua ragu akan vaksin Covid-19, apa saja?

ILUSTRASI. Keraguan orang tua terhadap vaksin Covid-19 bisa berkurang karena beberapa hal. REUTERS/Yara Nardi

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Orang tua membutuhkan vaksin Covid-19 supaya tubuhnya lebih terlindungi dari infeksi Virus Corona. Sayangnya, masih banyak orang tua yang ragu terhadap jenis vaksin itu. Padahal, gejala Covid-19 dan risiko kematian akibat penyakit itu bisa turun karena vaksin.

Mengutip dari Mc Knights (mcknights.com), ada beberapa faktor yang membuat orang tua ragu terhadap vaksin Covid-19. Para peneliti dari University College London mengulas 28 penelitian terkait vaksinasi.

Para peneliti mengidentifikasi 13 tema berbeda yang akhirnya dikelompokkan lagi menjadi 3 alasan mengapa keraguan orang tua terhadap vaksin Covid-19 cukup tinggi. 3 alasan yang dimaksud adalah penyedia layanan kesehatan, pasien, dan kebijakan vaksinasi.

Baca Juga: CDC rilis pembaruan, ini 5 efek samping parah vaksin COVID-19

Melansir Mc Knights, misinformasi, keyakinan pribadi, dan fasilitas yang berhubungan dengan vaksinasi menjadi beberapa poin penting mengapa keraguan terhadap vaksin yang dimiliki orang tua cukup tinggi.

Untuk mengatasi masalah itu, perlu kerja sama antara banyak pihak supaya keraguan orang tua terhadap vaksin bertambah. Misalnya, menambah edukasi dan menyediakan ruang diskusi di masyarakat supaya keraguan-keraguan yang ada bisa berkurang.

Baca Juga: 3 Vaksin Covid-19 untuk anak 6-11 tahun, kenali efek sampingnya

Selain terus mengajak orang tua untuk vaksinasi, penting pula untuk selalu mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di tempat umum.

Tidak hanya itu, pastikan untuk menjaga kebersihan tangan, baik memakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, serta menggunakan masker sesuai dengan standar kesehatan. Dengan begitu, risiko penularan Covid-19 bisa benar-benar berkurang.

Selanjutnya: Harga mobil bekas Honda City varian kelima dari Rp 90 jutaan per November 2021

Editor: Belladina Biananda
Terbaru