Enggak Perlu Obat, Berikut 5 Makanan Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat

Sabtu, 05 Februari 2022 | 14:05 WIB Sumber: Kompas.com
Enggak Perlu Obat, Berikut 5 Makanan Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat


KONTAN.CO.ID - Catat, berikut ini makanan yang efektif menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol adalah zat lilin yang berjalan melalui aliran darah sebagai bagian dari dua lipoprotein yang berbeda: low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Orang terkadang menyebut kolesterol LDL sebagai kolesterol "jahat" karena menyebabkan timbunan lemak menumpuk di pembuluh darah.  Kondisi ini dapat memblokir aliran darah dan menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

HDL, atau kolesterol "baik", membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh melalui hati. Kadar kolesterol HDL yang tinggi bisa mengurangi risiko masalah jantung dan stroke. 

Walau begitu, ada beberapa makanan sederhana yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Berikut beberapa makanan yang efektif menurunkan kolesterol jahat, mengutip Medical News Today

1. Terong 

Terong kaya akan serat yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol darah. Ini juga mengurangi risiko beberapa penyakit berikut: 

  • penyakit jantung 
  • stroke 
  • kegemukan 
  • diabetes tipe 2 

Baca Juga: Selain Bikin Kolesterol Rontok, Ini 7 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

2. Okra 

Okra adalah sayuran musim hangat yang dibudidayakan orang di seluruh dunia. Para peneliti menemukan, gel dalam okra yang disebut lendir dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikatnya selama pencernaan. 

Okra bisa membantu kolesterol keluar dari tubuh melalui tinja.

3. Apel 

Studi terbatas yang terbit pada 2019 menemukan, di antara 40 peserta dengan kolesterol agak tinggi, makan dua apel sehari mengurangi kadar kolesterol total dan LDL.  

Apel juga menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah. Satu apel bisa mengandung 3–7 gram. Selain itu, apel mengandung senyawa polifenol yang juga bisa menurunkan kadar kolesterol. 

Baca Juga: Catat! Inilah 4 Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru