Efektif, ini 5 obat herbal tekanan darah tinggi

Rabu, 18 Agustus 2021 | 12:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, ini 5 obat herbal tekanan darah tinggi

ILUSTRASI. Berbagai macam obat herbal tekanan darah tinggi bisa Anda konsumsi secara rutin.

KONTAN.CO.ID - Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah tinggi lebih dari 130/80 mmHg. Selain rajin olahraga dan menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi obat herbal tekanan darah tinggi juga bisa Anda jadikan pilihan.

Pilihlah bahan-bahan alami yang mengandung banyak kalium dan magnesium. Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Jika tekanan darah tinggi terus dibiarkan, bukan tidak mungkin masalah kesehatan yang lebih parah Anda alami. Mulai dari penyakit jantung hingga stroke.

Namun, perlu diingat, beberapa jenis makanan ini hanya bersifat pelengkap, ya. Anda tetap perlu mengikuti saran pengobatan dari dokter. Sehingga, kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Buah beri

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi buah beri bisa jadi salah satu cara menurunkan tekanan darah?

Healthline menyebutkan, salah satu jenis antioksidan dalam buah beri mampu meningkatkan jumlah oksida nitrat. Artinya, tekanan darah bisa lebih terkontrol.

Baca Juga: Cari cara menurunkan kolesterol? Konsumsi 6 makanan ini

Brokoli

Brokoli termasuk salah satu obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba.

Sama seperti buah beri, antioksidan dalam brokoli mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan jumlah oksida nitrat. Saat hal itu terjadi, tekanan darah Anda menjadi tak terlalu tinggi.

Bayam

Apakah Anda gemar mengonsumsi bayam? Ternyata, jenis sayur itu bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan tekanan darah, lo.

Ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam bayam. Mulai dari nitrat, antioksidan, kalium, kalsium, hingga magnesium.

Kandungan dalam bayam juga mampu mengendurkan pembuluh darah. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 27 orang, mereka yang mengonsumsi 500 ml sup bayam selama tujuh hari mengalami penurunan tekanan darah.

Baca Juga: Ini 5 rekomendasi obat rematik dari bahan-bahan alami

Wortel

Wortel termasuk salah satu obat herbal tekanan darah tinggi.

Wortel juga termasuk dalam daftar obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa Anda jadikan pilihan.

Mengutip dari Healthline, manfaat wortel itu berasal dari senyawa fenolat dan asam kafeat yang bisa meredakan inflamasi dan mengendurkan pembuluh darah.

Tomat

Supaya tekanan darah lebih terkontrol, cobalah untuk rutin mengonsumsi tomat. Selain mengandung banyak kalium, tomat juga memiliki likopen yang baik untuk kesehatan jantung.

Tak hanya mengonsumsi tomat secara langsung, produk yang terbuat dari tomat juga bisa memberikan efek yang sama.

Selanjutnya: Baik untuk jantung, ini sederet manfaat terong untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru